Home / Nasional

Selasa, 6 Juli 2021 - 13:21 WIB

Cegah Polemik, Gus Jazil Minta Pemerintah Jelaskan Prosedur TKA Masuk RI

Cegah Polemik, Gus Jazil Minta Pemerintah Jelaskan Prosedur TKA Masuk RI

Cegah Polemik, Gus Jazil Minta Pemerintah Jelaskan Prosedur TKA Masuk RI

JAKARTA. Progresnews.id. – Isu mengenai masuknya tenaga kerja asing (TKA) asal China di tengah kebijakan masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) memunculkan kritik dari berbagai kalangan. Bahkan, isu ini sempat menjadi trending topic di Twitter.

Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid mengatakan Pemerintah harus tegas dalam membuat sebuah kebijakan. Jika isu adanya puluhan TKA asal China masuk ke Indonesia di tengah PPKM Darurat benar adanya maka hal ini bisa memunculkan ketidakpercayaan publik terhadap pemerintah.

”Kebijakan PPKM Darurat ini harus diikuti dengan contoh dan keteladanan di tempat lain, termasuk para TKA. Saya belum mengkroscek kebenaran dari gambar-gambar adanya TKA yang masuk din tengah PPKM Darurat ini, tapi jika itu benar maka itu bagian dari memprovokasi keadaan. Masyarakat akan merasa diperlakukan tidak adil,” ujar Gus Jazil–sapaan akrab Jazilul Fawaid, Selasa (6/7/2021).

Baca Juga:  Harlah ke-23, Waka MPR: PKB Harus Terus Berkiprah untuk Kepentingan Bangsa

Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengatakan, pemerintah termasuk petugas Imigrasi harus memberikan penjelasan sedetail mungkin benar atau tidaknya berita puluhan TKA asal China masuk ke Indonesia di tengah PPKM Darurat.

”Katakanlah itu memang ada TKA yang datang maka jangan didiamkan. Toh memang tidak ada kebijakan penutupan bandara internasional. Kalau didiamkan maka menjadi pro kontra. Bagaimana spirit masyarakat bisa terjaga sementara mereka melihat ada TKA bebas masuk. Nyatakan saja bahwa ini legal, ini boleh, memenuhi syarat, misalnya, sehingga publik tidak bertanya-tanya. Kalau sekarang ini kan malah menjadi fitnah,” tuturnya.

Menurut Gus Jazil, dalam membuat sebuah kebijakan apalagi yang sangat strategis seperti PPKM Darurat, salah satu kunci suksesnya adalah adanya keteladanan dari pejabat yang mengeluarkan kebijakan, dalam hal ini pemerintah.

Baca Juga:  Rektor IIQ Prof Huzaemah Wafat, Gus Jazil: Beliau Teladan Para Ulama Perempuan Indonesia

”Kalau itu benar katakanan benar. Kalau itu salah katakanan salah. Sebab tidak semua TKA masuk itu salah. Katakan saja lalu lintas penerbangan luar negeri ini dibuka. Tunjukkan saja prosedurnya dan mereka yang masuk ini memang sudah aman dari Covid-19. Kalau tidak dijelaskan yang muncul adalah rasa ketidakpercayaan publik,” tutur anggota Komisi III DPR ini.

Sebelumnya, ramai diberitakan puluhan TKA masuk ke Indonesia melalui Bandara International Sultan Hasanuddin, Makassar pada Sabtu (3/7/2021) pukul 20.25 WITA dari Jakarta. Mereka menggunakan pesawat Citilink QG-426 di tengah masa PPKM Darurat wilayah Jawa-Bali. (*)

Share :

Editor : Redaksi Progresnews

Baca Juga

Nasional

Gus Jazil: Pandemi Corona Harus Menjadikan Kita Lebih Dekat dengan Allah
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (kiri) menerima kunjungan Menteri Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang Koichi Hagiuda di Jakarta pada Senin (11/1). Foto: ekon.go.id

Nasional

Terima Kunjungan Menteri Ekonomi Jepang, Menko Airlangga Sepakat Perkuat Kerjasama Bilateral
Komjen Listyo Sigit Prabowo

Militer

Diajukan Sebagai Calon Tunggal, Komjen Listyo Sigit Prabowo Dinilai Mampu Salip 3 Jenderal Terbaik
Ilustrasi: Irfan Hidayat/Progrsnews.id

Nasional

Cegah Penularan Covid-19, Berikut Syarat Perjalanan selama Periode Nataru

Ekonomi

Tak Menampik Perdebatan, Dubes Uni Eropa Bantah Larangan Ekspor Minyak Kelapa Sawit Indonesia

Nasional

Kecelakaan Sriwijaya Air, AJI Ingatkan Media Dan Jurnalis Untuk Perhatikan Kode Etik
Gus Jazil Optimis Gus Yani-Bu Min Akan Jadikan Gresik Lebih Sejahtera.

Nasional

Tolak Perpres Miras, Gus Jazil: Kita Bukan Bangsa Pemabuk, Kita Berketuhanan
Menko Polhukam Pemerintah Pentingkan Penanganan COVID-19 Daripada Pilkada

Nasional

Menko Polhukam: Pemerintah Pentingkan Penanganan COVID-19 Daripada Pilkada