Home / Nasional / Warta

Jumat, 27 Agustus 2021 - 19:44 WIB

Bupati Jayapura dan Bupati Fakfak Dukung Pengembangan UMKM

Reporter : Progresnews

Bupati Kabupaten Fakfak Untung Tamsil saat menjadi pembicara pada acara puncak Festival Torang Pu Para Para dengan tema Memperkuat Kolaborasi Pasar untuk Pengembangan UMKM di Tanah Papua, Jumat (27/8).

Bupati Kabupaten Fakfak Untung Tamsil saat menjadi pembicara pada acara puncak Festival Torang Pu Para Para dengan tema Memperkuat Kolaborasi Pasar untuk Pengembangan UMKM di Tanah Papua, Jumat (27/8).

Jakarta, Progresnews.id – Bupati Kabupaten Fakfak Untung Tamsil dan Bupati Jayapura Mathius Awoitauw hadir sebagai pembicara pada acara puncak Festival Torang Pu Para Para dengan tema “Memperkuat Kolaborasi Pasar untuk Pengembangan UMKM di Tanah Papua”, Jumat (27/8).

Bupati Fakfak saat menyampaikan materinya mengatakan bahwa sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang sangat potensial di Kabupaten Fakfak, dan pala menjadi komoditas utama pendukung utama perekonomian masyarakat.

“Potensi pala memiliki nilai yang cukup dalam mendukung petani lokal. Nilai ekonomi yang dihasilkan pala per tahun mencapai Rp500-530 juta dan nilai ekspor mencapai 45 miliar per tahun,” tutur Untung.

Untung menegaskan bahwa pemerintah berkomitmen penuh dalam mendukung petani pala di Fakfak untuk mendorong pala sebagai komoditi unggulan.

Baca Juga:  Adakan Reformasi Pengurus, Sukri Ghozali Resmi Terpilih Menjadi Ketua Pergunu Bungah

“Kami memberikan apresiasi dan mendukung kebijakan pertanian yang berkelanjutan. Selain untuk meningkatkan perekonomian, tapi juga untuk menjaga keutuhan lingkungan. Kami berkomitmen berintegrasi dan kolaborasi untuk memanfaatkan potensi pertanian untuk memperoleh keberuntungan bagi masyarakat lokal,” imbuhnya.

Untung mengatakan Kabupaten Fakfak telah memiliki Perguruan Tinggi Negeri yang dapat dijadikan inkubasi bisnis dan teknologi sehingga wirausaha muda akan terintegrasi dengan UMKM di seluruh Kabupaten Fakfak.

“Kami juga meminta Kemenkop UKM untuk mendukung penuh kami dalam mengembangkan UMKM di daerah,” pungkasnya.

Perlindungan Masyarakat Adat untuk Pengembangan UMKM

Sementara itu, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengatakan bahwa pihaknya selalu mendorong supaya hak-hak masyarakat adat mendapatkan payung hukum sebagai modal masyarakat untuk meningkatkan pengelolaan sumber daya.

Baca Juga:  Tingkatkan Komoditas Kakao, Kepala Kampung Imsar Komitmen Dukung Petani

Mathius menegaskan, hak masyarakat adat harus dilindungi oleh pemerintah daerah agar mereka mendapatkan kepastian hukum dalam mengelola hutan mereka.

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw saat menjadi pembicara pada acara puncak Festival Torang Pu Para Para dengan tema Memperkuat Kolaborasi Pasar untuk Pengembangan UMKM di Tanah Papua, Jumat (27/8).
Bupati Jayapura Mathius Awoitauw saat menjadi pembicara pada acara puncak Festival Torang Pu Para Para dengan tema Memperkuat Kolaborasi Pasar untuk Pengembangan UMKM di Tanah Papua, Jumat (27/8).

“Oleh karena itu ini perlu diproteksi dengan kepastian hukum supaya mereka tidak terdegradasi oleh regulasi secara nasional, seperti izin-izin pengelolaan sumber daya alam yang bisa menjadi pola kapitalistis yang tidak bisa berjumpa dengan masyarakat adat,” tegas Mathius.

Selain itu, Mathius mengatakan pihaknya juga membuat Peraturan Bupati (Perbup) tentang ekonomi hijau berbasis komunal, dengan alokasi dana khusus pengembangan komoditas lokal yang khas.

“Undang-undang Otsus pemerintah kota harus benar-benar proteksi dengan membuat keberpihakan dan melakukan pemberdayaan. Dari sejumlah alokasi dana diatur supaya benar-benar memberi ruang agar mereka berkreasi,” tegasnya.

Share :

Baca Juga

Nasional

Peringati Hari HAM Sedunia, Jokowi keluarkan 6 Pernyataan
Peneliti ICW, Kurnia Ramadhana mendorong Dewan Pengawas KPK turun langsung dalam kasus korupsi dana bansos, Senin (15/2). Foto: harianpijar.com.

Nasional

ICW Dorong Dewan KPK Awasi Kasus Korupsi Dana Bansos
Keadaan jalan rusak di Desa Pucangro Kecamatan Kalitengah Lamongan yang sempat di perbaiki pertengahan Januari Lalu.

Lamongan

Belum Genap Sebulan diperbaiki, Jalan Poros Kecamatan Sukodadi – Pucangro Kembali Rusak Parah
Kegiatan Penjaringan Kader PAC IPNU IPPNU Kecamatan Temayang, Jumat (2/4).

Bojonegoro

Pimpinan Anak Cabang IPNU IPPNU Temayang Gelar Penjaringan Kader
Koordinator Pusat DEMA PTKIN se-Indonesia, Onky Fachrur Rozie menyampaikan pesan-pesan dan harapan saat acara Rapat Koordinasi Wilayah RAKORWIL Dewan Eksekutif Mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Seluruh Indonesia, Kamis, 29 Februari 2021.

Nasional

DEMA PTKIN Se-Indonesia Gelar Rakorwil Jawa-Nusra di UIN Mataram
Kemendikbud Tanamkan Nilai Pancasila Saat PJJ

Nasional

Kemendikbud Tanamkan Nilai Pancasila Saat PJJ
Tower sutet aliran listrik Jawa-Bali yang terancam roboh akibat maraknya tambang galian C di Desa Pantenan, Gresik. Foto: Progresnews.id/Ammy.

Lamongan

Dua Tower Listrik Terancam Roboh Akibat Galian C di Perbatasan Lamongan – Gresik

Nasional

Penuhi Kriteria Capres Idaman Kaum Milenial, Pengamat Sebut Tren Gus Muhaimin Terus Naik hingga 2024