Home / Tuban / Warta

Rabu, 13 Januari 2021 - 15:08 WIB

Beras Premium BPNT di Tuban Rp11.000, Ini Tanggapan Diskoperindag

Reporter : Alfan Niam Sofi - Telah dibaca 75 kali

Kepala Diskoperidag Kabupaten Tuban, Agus Wijaya. Foto: Progresnews.id/Ans

Kepala Diskoperidag Kabupaten Tuban, Agus Wijaya. Foto: Progresnews.id/Ans

Tuban, Progresnews.id – Harga beberapa komoditi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kabupaten Tuban pada tahun 2021 mulai diitetapkan.

Seperti yang tercantum dalam surat edaran dari Pemerintah Kabupaten Tuban yang ditandatangani Sekretaris Daerah, Budi Wiyana tertanggal 6 Januari 2021.

Agen E-Warung diwajibkan untuk melakukan pre-order kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan persyaratan sebagai berikut, bahan komoditi karbohidrat 70 persen beras kualitas premium sebanyak 15 kg dengan harga per kilo Rp11.000, dengan patahan beras yang tak melebihi 10 persen.

Baca Juga:  Penderitaan Warga Berlanjut, Banjir Susulan Kembali Genangi Kecamatan Turi Lamongan

Sementara untuk komoditi protein hewani (telur atau daging) Rp26.000, dan protein nabati tempe dan tahu seharga Rp9.000 sampai di KPM.

Dari hasil pre-order yang sudah dilakukan, selanjutnya akan disampaikan kepada Dinas Sosial melalui pendamping Bantuan Sosial Pangan (BSP).

“Memang di pasaran ada yang harganya Rp10.500 untuk komoditi beras, tapi kan ada operasional supplier dan agen, sehingga bisa Rp11.000 untuk kualitass premium,” terang Plt Kepala Dinsos P3A Kabupaten Tuban, Joko Sarwono.

Di tempat terpisah, Kepala Diskoperindag Kabupaten Tuban, Agus Wijaya menuturkan, bahwa penetapan harga standar beras premium di kisaran harga Rp11.000 per-kilogram tergolong masih wajar.

Baca Juga:  Antisipasi Supplier Nakal, Komisi IV DPRD Tuban Beri Ultimatum

Menurutnya, berdasarkan ketentuan dari Kementerian Perdagangan terkait dengan HET komoditi beras, untuk Jawa, Lampung dan Sulawesi Selatan, medium seharga Rp9.450 per-kilogram dan kuallitas premium Rp-12.800 per kilogram.

“Tidak masalah terkait harga beras di BPNT yang sekarang ditentukan seharga Rp11.000 per kilogram, karena HET tertinggi untuk Pulau Jawa, Lampung, dan Sulawesi Selatan kualitas premium Rp12.800 per kilogram,” tutupnya, Selasa (12/1).

Editor: Elsalim

Share :

Baca Juga

COVID-19

Tekan Angka Positif Covid-19, Bupati Tuban Terbitkan Edaran Pembatasan Kegiatan Masyarakat

COVID-19

Vaksinasi Covid-19 di Tuban Dijadwalkan Pada Februari Mendatang

Sepak Bola

Atalanta Imbang, Inter Milan Raih Scudetto
Menteri Sekretaris Negara, Pratikno menegaskan pemerintah tak akan melakukan revisi UU Pemilu dan Pilkada, Selasa, (16/2). Foto: setkab.go.id.

Nasional

Mensesneg Akui Pemerintah Tidak Akan Revisi UU Pemilu dan Pilkada
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam Konvensi Nasional Media Masa "Pers Nasional Bangkit Dari Krisis Akibat Pandemi Covid-19 dan Tekanan Disrupsi Digital", Senin (8/2). Sumber Foto: Youtube Dewan Pers.

Nasional

Hari Pers Nasional, Gubernur DKI: Pandemi Adalah Peluang Sejarah Bagi Pers

COVID-19

Putus Penyebaran Covid-19, Karyawan BNNK Tuban Jalani Rapid Test Antibodi
Ilustrasi sampel darah Covid-19. Foto: Freepic.

COVID-19

Obat Alternatif Covid-19 Plasma Konvalesan Mulai Dipakai, Ini Tanggapan IDI Lamongan
Mobil box yang mengangkut vaksin sinovac tahap pertama di Kabupaten Tuban.

COVID-19

Jatah Vaksin Covid-19 Tahap Pertama Sudah Tiba di Tuban