Home / Lamongan / Warta

Kamis, 25 Maret 2021 - 13:25 WIB

Berangkat 15 Juni 2021, Calon Jamaah Haji Asal Lamongan Bakal Divaksin

Reporter : Adyad Ammy Iffansah

Lamongan, Progresnews.id — Kementerian Agama Lamongan canangkan vaksinasi ke Calon Jamaah Haji (CJH), hal itu dilakukan sebagai persiapan pemberangkatan CJH kloter pertama yang telah menunggu sejak 2020 lalu.

Kabid Haji dan Umrah Kementreian Agama Lamongan, Banjir Sidomulyo menyebut ada ratusan CJH yang telah divaksinas, dan pastinya vaksinasi akan dilakukan ke seluruh jamaah yang akan berangkat.

“Ada sekitar 400 CJH yang sudah divaksin, selebihnya menunggu giliran, ke 400 jamaah itu dari CJH yang lanjut usia,” ungkap Banjir, Kamis (25/3).

Menurut jadwal dan rencana dari Kemenag RI, keberangkatan haji pada kloter pertama glombang ke satu dilaksanakan pada 15 Juni 2021 mendatang.

Baca Juga:  Impikan Ibadah Haji, Keberangkatan 1.643 Calon Jamaah Asal Lamongan Terancam Terus Tertunda

“Menurut arahan Gus Menteri (Yaqut Cholil Coumas) 15 Juni mendatang, meski masih nunggu kebijakan pemerintah Arab Saudi kami dituntut menyiapkan keberangkatan,” tuturnya.

Dijelaskan Banjir, semua CJH yang telah melakukan pelunasan dan berada pada grup kloter yang ditentukan akan diprioritaskan sebagai penerima vaksin.

“Kemarin disampaikan Dinkes Provinsi saat bertemu dengan DPR RI dan pihak Litbang (Peneliti dan Pengembangan), jika semua CJH adalah prioritas vaksinasi,” jelasnya.

Masih Banjir, dia pun tak lupa menyampaikan jika ada CJH yang meninggal dunia. Diketahui dari 1.643 CJH sebanyak 35 orang meninggal dunia dalam penantian berangkat ke tanah suci.

Baca Juga:  Wafat Susul Sang Ibunda, Kisah Awak KRI Nanggala 402 Asal Lamongan Ini Bikin Terenyuh

“Ada 1.643 CJH yang sudah melakukan pelunasan, namun sayangnya 35 diantaranya meninggal dunia dan kuotanya dilimpahkan ke ahli waris,” ucapnya.

Banjir Sidomulyo, Kasi Haji dan Umroh Kementerian Agama Lamongan. (Foto: Istimewa)
Banjir Sidomulyo, Kasi Haji dan Umroh Kementerian Agama Lamongan. (Foto: Istimewa)

Dari kasus kematian CJH saat menantikan keberangkatnya ke tanah suci, Banjir berharap agar CJH terus menjaga kesehatanya apalagi yang lanjut usia.

“Jadi jumlah tetap 1.643 CJH. Semoga tidak ada tambahan lagi yang meninggal dunia, sebelum mereka menunaikan ibadah haji,” harapnya.

Share :

Baca Juga

Ekonomi

Siap-siap, Belanja 50 Ribu di Primkoppol Mart Bisa Dapat Hadiah
Gus Yani dan Bu Min saat di temui media usai ditetapkan oleh KPU.

Gresik

HPN ke-75, Gus Yani-Bu Min Ungkap Harapan Agar Pers Indonesia Anti Hoaks
Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi (Pusdatinkom) Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari saat memberikan sambutan penutup pada diseminasi dan press briefing bertajuk Sinergi dan Pelibatan Aktif Kelompok Rentan Termarginalkan untuk Komunikasi Risiko dan Perlindungan Pandemi yang Setara secara daring, Selasa (10/8).

Nasional

BNPB: Edukasi Kelompok Rentan dan Terpinggirkan Mercy Corps Indonesia adalah Inisiatif Penting

Gresik

Momen HUT RI, GP Ansor Bungah Ziarahi Makam Pahlawan dan Muassis NU
Menteri Komunikasi dan Informasi, Johnn G. Plate dukung pembuatan pedoman interpretasi resmi UU ITE, Selasa (16/2). Foto: kominfo.go.id.

Nasional

Cegah Multitafsir, Menkominfo Akan Terbitkan Pedoman Interpretasi UU ITE
Foto: Gema.id

Lamongan

Jelang Pergantian Musim, DPU-SDA Lamongan Siaga Cegah Kekeringan

COVID-19

Khofifah Jalani Isolasi Mandiri Setelah Positif Covid-19 Tanpa Gejala
Syaiful Huda Ketua DPR RI Komisi X saat memberikan sambutan dalam peluncuran Program Sekolah Penggerak, Senin (1/2).

Warta

Komisi X DPR RI Soroti Peluncuran Program Sekolah Penggerak Di Tengah Isu Kesejahteraan Guru dan Krisis Covid-19