Daerah  

Bawaslu Lamongan ajak Toga dan Tomas Sosialisasikan Pengawasan Partisipatif

Ketua Bawaslu Lamongan, Miftahul Badar saat menyampaikan ajakan lakukan pengawasan partisipatif

Lamongan, Progresnews.id — Memasuki hari kedua masa tenang pilkada 2020, Bawaslu Lamongan ajak taokoh agama (Toga) dan tokoh masyarakat (Tomas) gaungkan pengawasan partisipatif di masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Miftahul Badar Ketua Bawaslu Lamongan dalam acara ‘Cangkrukan’ yang diadakan di Mapolres oleh Polres dan Kodim 0812 Lamongan, pada hari Senin, (7/12).

“Kami (Bawaslu) mengajak dan berharap para Toga dan Tomas sosialisasikan pengawasan partisipatif secara mandiri untuk pilkada 2020 ini,” pungkasnya.

Pengawasan partisipatif sendiri dicanangkan Bawaslu RI dalam mengawal jalanya pilkada serentak, yang mana pengawasan bisa dilakukan dengan bantuan masyarakat secara langsung.

Sebagai upaya pengawasan, Kata Badar, pihaknya melibatkan masyarakat untuk bisa mengawal jalannya pilkada, hal tersebut dilakukan dalam rangka memenuhi indeks keberhasilan pilkada sekala nasional sebanyak 77,05 persen.

“Kami menghimbau agar pelaksanaan pilkada dapat berjalan dan maksimal di Lamongan, target nasional 77,05 persen,” katanya.

Dari acara tersebut, toga dan tomas yang hadir dari beberapa oraganisasi di kota soto, antara lain, PC Nahdlatul Ulama’, PD Muhammadiyah, MUI, FKUB, LDII,
PSHT, IKS PI, Pagar Nusa, dan (Lo) petugas penghubung masing-masing paslon.

Lebih lanjut, Badar menambahkan bahwa dirinya mempunyai harapan lebih, pada pilkada tahun ini berjalan lancar meskipun diadakan dalam pandemi Covid-19.

“Semoga Pilkada Lamongan dapat berjalan lancar, semua yang terlibat pada pikada Lamongan tidak melakukan pelanggaran dan sadar pentingnya politik yang sehat,” ujarnya dengan rasa penuh harap.

Editor : Kholis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.