Daerah  

Banjir Luapan Kali Lamong Kini Menggeser Cerme

Penampakan kampung Morowudi pada hari Selasa (15/12) pagi.

Gresik, Progresnews.idBanjir akibat meluapnya Kali Lamong di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, terus meluas. Banjir itu telah melanda sejumlah desa di dua kecamatan di Gresik. Tetapi Selain Kecamatan Benjeng dan Balongpanggang, banjir mulai melanda di wilayah Kecamatan Cerme terutama di Daerah Morowudi.

Sementara banjir di depan PLN benjeng kini airnya rada surut dari kemarin Senin, sedangkan air sudah bergeser ke arah timur yaitu di Daerah Morowudi.

“Sebagian desa yang kemarin sempat tergenang, memang ada yang sudah surut. Tapi kami tetap waspada, sebab tadi malam kembali turun hujan, begitu pula hari ini,” ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik Tarso Sagito.

Sembilan desa di Kecamatan Cerme mulai terdampak banjir, yakni Desa Dadapkuning, Lengkong, Sukoanyar, Ngembung, Dungus, Dampaan, Dooro, Guranganyar, dan Morowudi.

Kurniawan salah satu warga dari kecamatan cerme yang rumahnya terendam banjir mengatakan bahwa bajir sangat merugikan petani.

“Kalau musim banjir kayak gini kasihan para petani yang sawahnya dan padinya termakan banjir, alhasil, gagal panen,” kata Kurniawan, Selasa (15/12).

Sedangkan air mengenang di sepanjang jalan Morowudi dan air bah juga merendami 20 hektar sawah dan 15 hektar milik warga desa Dooro.

“Sebaiknya nanti ketika banjir luapan kali lamong sudah surut segera dilakukan pengerukan atau pelebaran kali agar tidak terjadi banjir kedepannya,” pungkas Kurniawan.

Editor : Elsalim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.