Home / Nasional / Warta

Rabu, 10 Maret 2021 - 15:50 WIB

Bahas Potensi dan Investasi Bisnis, Uni Eropa Adakan Kunjungan Virtual Bersama Pemda Semarang

Reporter : Alfa Kamila

Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Vincent Piket dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Jawa Tengah, Ratna Kawuri dalam kunjungan virtual ke Semarang pada Selasa (9/3).

Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Vincent Piket dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Jawa Tengah, Ratna Kawuri dalam kunjungan virtual ke Semarang pada Selasa (9/3).

Jakarta, Progresnews.id – Uni Eropa melakukan kunjungan virtual ke pemangku pemerintahan kota Semarang, Jawa Tengah, pada Selasa (9/3).

Pada kunjungan virtual ini Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Vincent Piket membahas tentang potensi dan investasi bisnis yang ada di Kota Semarang, bersama Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Provinsi Jawa Tengah, Ratna Kawuri.

Dari press release Uni Eropa, menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah memberikan fasilitas perihal perizinan investasi dan mempercepat kesiapan infrastruktur.

Vincent Piket menuturkan bahwa Uni Eropa sangat mendukung Indonesia dalam upaya meningkatkan perdagangan dan investasi, khususnya di Jawa Tengah.

Baca Juga:  Tekankan Bidang Penelitian, Uni Eropa Eratkan Kerja Sama dengan Perguruan Tinggi Indonesia

Menurutnya, provinsi ini memiliki potensi yang belum tergali untuk perdagangan dan investasi yang lebih besar dengan Eropa, serta perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif antara Indonesia.

“Uni Eropa (IEU-CEPA) yang tengah dirundingkan, akan meningkatkan perdagangan dan investasi, berkontribusi pada penciptaan lapangan kerja dan pembangunan ekonomi di Indonesia.” jelasnya.

Kerja sama Uni Eropa dengan Indonesia, lanjut Piket, sudah lebih dari 30 tahun keduanya bermitra untuk melaksanakan prioritas bersama, termasuk perdagangan dan investasi.

Tahun lalu, Uni Eropa meluncurkan program lima tahun yaitu ARISE+ Indonesia Trade Support Facility senilai 15 juta euro. Program ini bertujuan untuk memberikan dukungan teknis kepada pemerintah Indonesia dan perusahaan-perusahaan guna meningkatkan kapasitas ekspornya dan memenuhi aturan dan standar perdagangan internasional.

Baca Juga:  Jaksa Pinangki Hadapi Sidang Vonis Tipikor

Tak hanya soal peluang investasi bisnis, kunjungan ini juga mendiskusikan potensi ekspor ke negara-negara eropa. Dalam diskusi tersebut, mereka menjelaskan tentang besarnya potensi investasi di Jawa Tengah, khususnya di kawasan industri.

Permintaan terhadap manufaktur, pertanian, furnitur, dan produk lain di Uni Eropa diperkirakan akan meningkat dalam beberapa tahun ke depan didorong oleh pemulihan pasca pandemi.

Selanjutnya, dengan basis pelanggan yang besar dan berdaya beli tinggi, Uni Eropa memberikan peluang dengan pilihan yang menarik bagi Jawa Tengah untuk memperluas dan mendiversifikasi pasar ekspornya.

Share :

Baca Juga

Halaman depan RS Citra Medika yang tanpa memakai trotoar jalan untuk lahan parkir. Foto : Progresnews.id/ Ammy.

Lamongan

IMB Bermasalah, RS Citra Medika Lamongan Diduga Banyak Kondisikan Pejabat Elektoral
Ucapan selamat kepada bupati terpilih, karangan bunga berjejer memadati Alun-Alun Lamongan. (Foto: Ammy)

Lamongan

Ucapan Selamat ke Bupati Terpilih, Perajin Karangan Bunga di Lamongan Raup Omset Jutaan Rupiah

Daerah

Adakan Reformasi Pengurus, Sukri Ghozali Resmi Terpilih Menjadi Ketua Pergunu Bungah

Warta

Usai Dikukuhkan, Aliansi BEM Kediri Raya Siap Menjadi Mitra Kritis Pemerintah
Pelaku pengedar pil Daubel L.

Lamongan

Ciduk Pengedar Barang Haram, Polres Lamongan Amankan 500 Butir Pil Daubel L
Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa vaksin Covid-19 adalah gratis untuk masyarakat.

Nasional

Alhamdulillah, Jokowi Gratiskan Vaksin Covid-19 Untuk Masyarakat
Kasi Haji dan Umrah Kemenag Lamongan, Banjir Sidomulyo saat memaparkan Visa Elektronik ke CJH. Foto : Progresnews.id/Ammy.

Lamongan

Kemenag Lamongan Sediakan Visa Elektronik Bagi Calon Jamaah Haji, Begini Syarat Pegambilanya
Refleksi Hari Batik, AHY Berdayakan UMKM Di Tengah Pandemi 2

Nasional

Refleksi Hari Batik, AHY Berdayakan UMKM Di Tengah Pandemi