Home / Lamongan / Warta

Senin, 12 April 2021 - 17:28 WIB

Awal Bulan Ramadan, Harga Bahan Pokok di Lamongan Masih Stabil

Reporter : Adyad Ammy Iffansah

Kondisi terkini salah satu pasar induk di Kabupaten Lamongan. Foto : Istimewa.

Kondisi terkini salah satu pasar induk di Kabupaten Lamongan. Foto : Istimewa.

Lamongan, Progresnews.id — Memasuki awal Ramadan, harga bahan pokok di Kabupaten Lamongan masih stabil, bahkan beberapa komuditas penting mengalami penurunan harga.

Hal tersebut jelas menguntungkan para ibu rumah tangga yang diketahui saat bulan Ramadan tiba selalu dipusingkan dengan kebutuhan dapur yang mahal.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Lamongan, M. Zamroni mengungkapkan, ketersediaan bahan pokok hingga kondisi harganya masih terbilang aman.

“Harga dan ketersediaan sembako hingga hari ini masih aman dan stabil, bahkan harga cabai turun drastis dibandingkan dua bulan lalu,” ungkap M. Zamroni Kepala Dinas Diperindag Lamongan, Senin (12/4).

Menurut data yang dihimpun Disperindag, dari seluruh pasar induk seperti Pasar Sidoharjo, Pasar Babat, Pasar Mantup dan Pasar Babat, mengalami kestabilan.

Baca Juga:  Penderitaan Warga Berlanjut, Banjir Susulan Kembali Genangi Kecamatan Turi Lamongan

Adapun kondisi harga kebutuhan kebutuhan pokok meliputi, beras per kilogram berkisar Rp. 9 ribu hingga 13 ribu tergantung kualitasnya, gula Rp12 ribu, minyak goreng perliter berkisar Rp13 ribu sampai Rp15 ribu tergantung kualitas.

Daging ayam boiler perkilo berharga Rp40 ribu, ayam kampung diharga Rp70 ribu, sedangkan daging sapi masih dikisaran harga Rp100 ribu per kilonya.

Selain itu, bahan pokok lainya seperti cabai rawit turun harga Rp60 ribu hingga Rp70 ribu dari angka ratusan ribu di bulan lalu, cabai merah besar sekitar Rp50 ribu, dan cabai kriting berkisar Rp48 ribu perkilonya. Sedangkan komuditi bawang dan rempah lainya, masih diharga normal.

Baca Juga:  Tekan Angka Positif Covid-19, Bupati Tuban Terbitkan Edaran Pembatasan Kegiatan Masyarakat

Tak hanya itu, Zamroni juga menjamin harga bahan pokok selama Ramadan akan stabil dimana ia menyebut ketersediaan bahan pokok masih mencukupi sampai Idul Fitri.

“Ketersediaan stok sembako juga masih aman sampai akhir Ramadan atau Idul Fitri,” tuturnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Lamongan, M. Zamron. Foto: Bangsaonline.

Menurut Zamroni, meski jelang Ramadan tahun ini harga masih stabil namun dari beberapa bahan ada yang mengalami kenaikan untungnya masih dalam batas wajar.

“Pantauan harga juga banyak yang mengalami turun meski juga ada beberapa yang naik tapi masih dalam batas kewajaran,” jelas Zamroni saat menjelaskan kondisi harga pasar jelang Ramadan.

Share :

Baca Juga

Foto: Twitter Sekretaris Kabinet.

Nasional

Mendikbud Pastikan Dana BOS Papua Barat Meningkat 30 Persen di Tahun 2021
Calon jamaah haji. Foto: Kemenag.

Lamongan

Berangkat 15 Juni 2021, Calon Jamaah Haji Asal Lamongan Bakal Divaksin
Analis Kebijakan di Setda Provinsi Papua, Martha Mandosir saat menjadi pemateri dalam diskusi Seri Podcast 1 yang bertajuk ‘Perempuan Hutan Lestari di tanah Papua’, Rabu (25/8).

Nasional

Inisiatif Perempuan Papua dalam Menjaga Hutan Tetap Lestari
Anggota DPRD Jatim, Muhammad Bin Muafi Zaini ditemui di DPRD Jatim. Foto: Kominfo Jatim.

COVID-19

Kiai dan Ulama Jatim Diharapkan Jadi Prioritas Penerima Vaksin
Paparan Jubir Vaksinasi Siti Nadia, dalam Webinar Series Kedua Melawan Infodemi Covid-19 dengan tajuk "Bahaya Mis/Disinformasi Vaksin Covid-19" pada Kamis (11/2).

COVID-19

Jubir Vaksinasi Nadia Tak Menapik Vaksinasi Selesai Lebih Dari 10 Tahun
Kantor Kememterian Agama Kabupaten Lamongan. Foto: Ammy.

Lamongan

Impikan Ibadah Haji, Keberangkatan 1.643 Calon Jamaah Asal Lamongan Terancam Terus Tertunda

Gresik

Santri Baru Sunanul Muhtadin Mulai Masuk Asrama, Gus Jazil: Akan Saya Didik seperti Anak Sendiri
Ketua Dewan Pers memberi sambutan pada Konvensi Nasional Media Masa "Pers Nasional Bangkit dari Krisis Akibat Pandemi Covid-19 & Tekanan Disrupsi Digital", pada sesi pertama, Senin (8/2).

Nasional

Tiga Pesan Penting M. Nuh Untuk Insan Pers Indonesia