Daerah  

APBD 2021, Pemkab Lamongan Prioritaskan Pemulihan Ekonomi

APBD 2021, Pemkab Lamongan Prioritaskan Pemulihan Ekonomi

Lamongan, Progresnews.id.- Pemulihan ekonomi akibat wabah Covid-19 menjadi perhatian khusus di Kabupaten Lamongan. Khususnya terkait penanganan dampak wabah Covid-19 baik di bidang kesehatan, penguatan ekonomi maupun jaring pengaman sosial.

Hal tersebut disampaikan Bupati Lamongan, Fadeli pada saat rapat paripurna dalam rangka penetapan Peraturan Daerah tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2021 di Gedung DPRD Lamongan, Sabtu (21/11).

“Kami punya 7 prioritas pembangunan dalam APBD tahun 2021. Yaitu pertama peningkatan ekonomi. Kemudian infrastruktur, kualitas aksebilitas dan daya saing, peningkatan pelestarian nilai-nilai budaya lokal dan kepedulian sosial, produktifitas komoditi pertanian, ketahanan bencana dan lingkungan hidup, serta peningkatan ketentraman keamanan ketertiban umum dan pelayanan publik,” terangnya.

Dalam Rapat Paripurna yang digelar di gedung DPRD Lamongan tersebut Fadeli menyampaikan agar program prioritas itu diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi akibat dampak Covid-19.

Maka dari itu, Pemerintah Kabupaten Lamongan bersama DPRD menyepakati Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Lamongan Tahun Anggaran 2021 untuk menetapkan program prioritas yang telah disebutkan diatas.

“Pendapatan Daerah ditarget 3,7 Trilyun, belanja daerah dialokasikan 3,9 Trilyun, sehingga defisit terjadi sebesar 2 Milyar. Dari defisit itu akan dilakukan pembiayaan melalui penerimaan pembiayaan sebesar 28,3 Milyar dan untuk pengeluaran pembiayaan dialokasikan 6,9 milyar,” terang Fadeli.

Bupati Lamongan yang akan habis masa jabatannya tersebut juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh fraksi di DPRD yang telah memberikan masukan, kritik dan saran atas rancangan APBD Tahun 2021.

Ia juga mengajak dan menghimbau semua pihak untuk turut menjaga Kabupaten Lamongan agar tetap kondusif, karena sebentar lagi akan ada Pilkada Lamongan 9 Desember mendatang.

“Kita jaga bersama Lamongan ini agar tetap kondosif aman dan nyaman. Marilah kita wujudkan amanah masyarakat ini dengan sungguh-sungguh. Membangun dan memperbaiki kesejahteraan mereka,” pungkasnya.

Editor : Kholis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.