Home / Nasional / Warta

Sabtu, 30 Oktober 2021 - 09:09 WIB

Anugerah Pahlawan Nasional Usmar Ismail, Ketua Lesbumi PBNU: Kado Istimewa Rakornas IV

TRIBUTE UMAR ISMAIL. Ketua Lesbumi PBNU KH M Jadul Maula, saat menutup Rakornas IV Lesbumi, Jumat (29/10). Foto: Tangkapan Layar Youtube Pesantren Kaliopak/Progresnews.id

TRIBUTE UMAR ISMAIL. Ketua Lesbumi PBNU KH M Jadul Maula, saat menutup Rakornas IV Lesbumi, Jumat (29/10). Foto: Tangkapan Layar Youtube Pesantren Kaliopak/Progresnews.id

Yogyakarta, Progresnews.id – Menjelang akhir ditutupnya Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas IV) yang digelar Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (Lesbumi PBNU) di Pesantren Kaliopak Yogyakarta, selama dua hari, yakni 28-29 Oktober 2021, terdapat kabar menggembirakan. Pemerintah Republik Indonesia menetapkan Usmar Ismail sebagai Pahlawan Nasional.

Menanggapi hal ini Ketua Lesbumi PBNU KH Muhammad Jadul Maula, di sela acara penutupan Rakornas IV (29/10) menyatakan, apresiasinya kepada pemerintah RI atas ditetapkannya Pendiri Lesbumi NU, Usmar Ismail sebagai Pahlawan Nasional.

“Yang menjadi istimewa lagi pada malam hari ini adalah satu anugerah yang tidak kami duga sebelumnya, pada hari ini, Pemerintah Republik Indonesia telah memberikan anugerah gelar Pahlawan Nasional kepada Bapak Haji Usmar Ismail, selaku tokoh perfilman nasional, dan banyak diketahui pula bahwa beliau merupakan Ketua Lesbumi PBNU yang pertama,” ungkap Pengasuh Pesantren Kaliopak ini.

“Anugerah ini merupakan kado istimewa bagi temen-temen pengurus Lesbumi yang menyelanggarakan Rakornas pada kali ini, dari tanggal 28 kemarin dan 29, yang mana dalam Rakornas ini temen-temen dari seluruh indonesia menggagas satu rangsangan gerakan kebudayaan, kebangkitan kebudayaan Lesbumi untuk menunjang kedaulatan bangsa kita, untuk meneguhkan jatidiri kebudayaan bangsa kita melalui khidmah kepada Nahdlatul Ulama,” tuturnya, melalui siaran langsung Tribute Umar Ismail di kanal Youtube Pesantren Kaliopak.

Baca Juga:  Mensesneg Akui Pemerintah Tidak Akan Revisi UU Pemilu dan Pilkada

Dalam kesempatan tersebut, disampaikan pula berbagai gagasan yang telah dikaji dalam Rakornas IV Lesbumi PBNU. Menurut Ketua Lesbumi PBNU, akan dideskripsikan untuk menjadi bahasan di dalam Komisi Organisasi, Bahtsul Masail Maudhui’yyah, dan Komisi Program Kerja pada Muktamar NU ke-34, yang akan berlangsung 23-25 Desember 2021 di Provinsi Lampung.

“Kita akan mengajukan pembahasan satu materi di Muktamar untuk memperbincangkan tentang makna strategis dan praksis dari kebudayaan menurut Nahdlatul Ulama. Untuk menjaga, untuk meneguhkan peradaban bangsa yang harmonis dan berkeadilan dan menjaga harkat martabat kemanusiaan,” imbuhnya.

RAKORNAS IV. Delegasi dari PW Lesbumi Sulawesi Utara membacakan 4 Poin penting hasil Rakornas, Jumat (29/10). Foto : Dokumentasi Rakornas IV/Progresnews.id
RAKORNAS IV. Delegasi dari PW Lesbumi Sulawesi Utara membacakan 4 Poin penting hasil Rakornas, Jumat (29/10). Foto : Dokumentasi Rakornas IV/Progresnews.id

Diberitakan sebelumnya, jika terdapat 4 poin penting dalam Rakornas IV Lesbumi PBNU. Salah satu poin terpenting dalam rekomendasi tersebut yakni pada poin keempat, di mana harapan agar LESBUMI NU kembali menjadi Badan Otonom NU, sebagaimana ketika Lesbumi didirikan.

Baca Juga:  Ajak NU Channel, PW GP Ansor Jatim Siapkan Kadernya Sebagai Pasukan Digital

Aspirasi kuat Lesbumi menjadi Banom NU yang berasal dari anak ranting, ranting dan cabang hingga wilayah yang membutuhkan garis koordinasi, instruksi dan komunikasi yang lebih efektif dan efisien. Sebagai lembaga otonom, Lesbumi dapat mengatur rumah tangga sendiri, secara kebijaksanaan atau pun secara teknis strategis sesuai kebijaksanaan kebudayaan LESBUMI NU yaitu SAPTAWIKRAMA.

Selain semangat kuat dari semua lapisan pengurus Lesbumi, secara teknis Lesbumi juga sudah memenuhi syarat untuk menjadi badan otonom (Banom); yaitu ketersediaan dan penyebaran LESBUMI NU di berbagai daerah di dalam dan luar negeri. Karena Lesbumi NU di berbagai tingkatan telah membuktikan diri secara mandiri dan swadaya dalam melakukan percepatan upgrading perangkat organisasi dan administrasi.

Share :

Editor : Achmad Chidir Amirullah

Baca Juga

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam Konvensi Nasional Media Masa "Pers Nasional Bangkit Dari Krisis Akibat Pandemi Covid-19 dan Tekanan Disrupsi Digital", Senin (8/2). Sumber Foto: Youtube Dewan Pers.

Nasional

Hari Pers Nasional, Gubernur DKI: Pandemi Adalah Peluang Sejarah Bagi Pers
Kapolres Lamongan, AKBP Miko Indrayana didampingi Kasat Reskrim AKP Yoan saat menunjukan barang bukti kasus pencabulan. Foto: Ammy/Progresnews.id.

Lamongan

Setubuhi Anak Usia 8 Tahun, Tersangka Mengaku Hiperseksual
Evakuasi kecelakaan yang terjadi di titik lokasi perbaikan jalan. Foto : Ist.

Lamongan

Perbaikan Jalan Nasional di Lamongan Tuai Kecaman Dari Pengguna Jalan

Nasional

Sosialisasikan 4 Pilar, Gus Jazil Kunjungi Ponpes Al-Hikamussalafiyyah dan Makam Raja Sumedang
PTM Terbatas, Ini yang Harus Diperhatikan Sekolah.

Nasional

Ini yang Harus Diperhatikan Sekolah Saat PTM Terbatas
Suasana diskusi Ngaji Bisnis. Foto: Progresnews.id

Warta

DPD BMI Jawa Timur Gandeng Djoerank Batja dan Muslimat NU untuk Tingkatkan Life Skill Masyarakat
Supriyanto GS atau yang akrab disapa Prie GS

Warta

Budayawan Prie GS Tutup Usia Akibat Serangan Jantung

Lamongan

Dapat Bantuan Bedah Rumah, Warga di Lamongan Malah Kecewa, Kenapa?