Home / Opini / Sepak Bola

Selasa, 20 April 2021 - 09:39 WIB

Andai European Super League Benar Terjadi, Inilah Potret Liga Champions Eropa

Reporter : Alex

Logo Champions League. Foto: Istimewa

Logo Champions League. Foto: Istimewa

Opini, Progresnews.id – Saat ini ramai dibicarakan mengenai rencana dibentuknya European Super League (ESL) oleh 12 klub besar Eropa. Kedua belas klub tersebut adalah klub yang selalu menjadi langganan juara baik di liga lokal maupun Liga Eropa seperti Liga Champions maupun Europa League.

Andai ESL ini benar-benar terwujud musim depan, maka 12 klub tersebut dan bukan tidak mungkin ada klub-klub lain yang ikut bergabung, tidak akan berpartisipasi dalam gelaran Liga Champions maupun Europa League.

Jika hal tersebut benar-benar terjadi maka Liga Champions musim depan akan diisi oleh klub-klub dari benua biru yang sekarang berada di papan tengah Liga. Klub-klub seperti Leicester City, West Ham United, Everton dan Leeds United akan mewakili Liga Inggris.

Baca Juga:  Proses Administrasi di Argentina Tuntas, Brian Ferreira Segera Mendarat di Persela
Tim-tim papan tengah yang akan berlaga di liga champions musim depan andai ESL terbentuk. Foto: @transfer_markt

Sedangkan Liga Italia akan diwakili klub-klub seperti Napoli, AS Roma, Lazio, dan Atalanta, klub-klub yang tidak pernah merasakan gelar juara Liga Champions bahkan mereka jarang sekali ikut berpartisipasi pada setiap musimnya. Sedangkan klub-klub seperti Sevilla, Villarreal, Real Betis dan Real Sociedad akan mewakili Liga Spanyol.

Jika hal tersebut benar-benar terjadi, maka dapat dipastikan gelaran Liga Champions musim didepan tidak akan semenarik seperti sekarang ini. Dan tentunya secara perlahan akan ditinggalkan oleh para fans di seluruh penjuru dunia. Para fans tentu akan memilih untuk menonton pertandingan yang antara klub-klub besar yang tentu juga diisi nama-nama besar.

Baca Juga:  Hengkang Dari Manchester United, Juventus Klub Favorit Paul Pogba

Tidak hanya itu saja, para sponsor ship juga akan berpikir dua kali jika tetap ingin tetap bekerjasama di Liga Champions maupun Europa League. Pemberi sponsor pasti akan memilih Liga yang ramai oleh para fans.

Tanpa klub-klub besar, tanpa jutaan fans yang menonton di seluruh penjuru dunia serta tanpa adanya sponsor ship yang akan menjadi sumber dana kompetisi, Liga Champions yang sekarang terlihat mewah, bukan tidak mungkin musim depan akan gulung tikar.

Share :

Baca Juga

Nasional

Liga Champions, Highlight Barcelona Vs Paris Saint-Germain

Internasional

Hengkang Dari Manchester United, Juventus Klub Favorit Paul Pogba

Olahraga

Jadwal Babak 16 Besar Liga Champions Eropa
Federasi Sepak Bola Asean

Olahraga

Federasi Sepak Bola Asean Ikut Komentari Kemenangan Garuda Muda U-19 Melawan Qatar

Opini

Maqashid Asy-Syari’ah dan Revolusi Industri 4.0
Farkhan Evendi, Ketua Umum Bintang Muda Indonesia.

Opini

Spartanitas BMI
Ilustrasi Politik Luar Negeri Indonesia dan Pandemi Covid-19. Foto: Freepik.

COVID-19

Politik Luar Negeri Indonesia dan Pandemi Covid-19

Olahraga

Jelang Kontra Manchester United, Arsenal Siap Pertahankan Rekor Kemenangan