Home / Nasional / Warta

Rabu, 24 November 2021 - 21:19 WIB

Alhamdulillah, Gresik Raih Penghargaan Anugerah Layanan Investasi 2021

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, menerima Penghargaan Anugerah Layanan Investasi 2021 atas penilaian kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Percepatan Pelaksanaan Berusaha (PPB) 2021, Rabu (24/11).

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, menerima Penghargaan Anugerah Layanan Investasi 2021 atas penilaian kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Percepatan Pelaksanaan Berusaha (PPB) 2021, Rabu (24/11).

Jakarta, Progresnews.id – Kabupaten Gresik di tangan Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, menyabet Penghargaan Anugerah Layanan Investasi 2021 atas penilaian kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Percepatan Pelaksanaan Berusaha (PPB) 2021.

Penghargaan Gresik sebagai Kabupaten terbaik ini, diserahkan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Ballroom Hotel Ritz-Carlton Jakarta Selatan, pada Rabu (24/11).

Saat memberikan arahan, Presiden Jokowi menyatakan bila ketidakpastian global yang selama ini terjadi memiliki dampak besar bagi perekonomian negara. Sebab itu, Presiden menekankan pentingnya realisasi investasi, karena investasi merupakan jangkar pemulihan ekonomi.

”Investasi menjadi jangkar pemulihan ekonomi karena kita kalau terlalu berfokus pada APBN, defisit kita ini, meskipun saya tahu Bu Menkeu ini sangat prudent, sangat hati-hati dalam mengelola APBN kita. Oleh sebab itu, yang di luar APBN ini harus digerakkan, kembali lagi, investasi,” kata Presiden Jokowi, menandai pembukaan Rapat Koordinasi Nasional dan Anugerah Layanan Investasi 2021.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Negara meminta seluruh jajarannya untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh investor tanpa terkecuali.

”Dilayani saja, belum tentu investor datang mau berinvestasi, apalagi tidak dilayani dengan baik. Oleh sebab itu, pola-pola lama, hal-hal yang jadul semua harus mulai kita tinggalkan. Berikan pelayanan yang terbaik baik itu investor kecil, yang namanya usaha kecil itu juga investor, jangan keliru,” sambungnya.

Baca Juga:  Buka Pelatihan GP Ansor Gresik, Wagub Emil Bagikan Konsep Kepemimpinan 360 Derajat

Presiden menuturkan bahwa kemudahan perizinan merupakan salah satu bentuk pelayanan pemerintah terhadap investor. Sedangkan kehadiran para investor sangat berdampak pada pertumbuhan ekonomi nasional. 

”Kalau investornya dari luar berarti membawa uang ke sini, artinya peredaran uang akan makin besar dan itu akan menimbulkan efek nanti ke daya beli masyarakat juga akan naik, konsumsi masyarakat akan naik, pertumbuhan ekonomi juga akan naik,” imbuhnya.

Penghargaan. Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (Dua dari kiri, memakai songkok), menerima penghargaan dari Presiden Joko Widodo atas Pelayanan Investasi Tahun 2021, Rabu (24/11).

Di samping itu, Presiden mengapresiasi pemerintah provinsi dan daerah yang telah mendapatkan penghargaan untuk investasi, baik realisasi investasi, maupun urusan perizinan.

”Saya senang tadi ada kementerian/lembaga, provinsi, kabupaten/kota, yang mendapatkan anugerah untuk investasi, baik realisasi investasi maupun urusan perizinan. Urusan pelayanan perizinan bagus, seperti tadi di Jawa Tengah, tapi realisasi investasi bagus di Jawa Barat,” katanya.

Baca Juga:  Spirit Cinta Kanjeng Nabi, PAC IPNU Panceng Gelar Gebyar Sholawat

Presiden juga mengingatkan bahwa investasi yang saat ini dibutuhkan oleh Indonesia adalah investasi barang jadi atau barang setengah jadi. Hal ini dilakukan supaya Indonesia mendapatkan nilai tambah yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi, pendapatan, dan daya beli masyarakat.

”Ekonomi kita yang sebelumnya berbasis bahan mentah dari sumber daya alam kita, ini akan satu per satu memang harus ada transisinya satu per satu akan kita stop, masuk ke setengah jadi, masuk ke barang jadi. Menjadi industri yang mendorong nilai tambah,” ucap Presiden.

Turut hadir mendampingi Presiden antara lain Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Mensesneg Pratikno, Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, dan Menkeu Sri Mulyani Indrawati.

Nampak hadir pula sebagai penerima penghargaan antara lain, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif.

Terpisah, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkab Gresik Reza Pahlevi mengatakan, Pemkab Gresik meraih juara pertama dalam Anugerah Layanan Investasi 2021 atas Penilaian Kinerja PTSP dan Percepatan Pelaksanaan Berusaha (PPB) 2021. [dir]

Share :

Editor : Redaksi Progresnews

Baca Juga

Sesi foto bersama acara diseminasi dan press briefing bertajuk Sinergi dan Pelibatan Aktif Kelompok Rentan Termarginalkan untuk Komunikasi Risiko dan Perlindungan Pandemi yang Setara secara daring yang diselenggarakan oleh Mercy Corps Indonesia dan BNPB, Selasa (10/8).

Nasional

Undang Puluhan Media, LeaN On dan BNPB Gelar Diseminasi Pembelajaran Komunikasi Covid-19 yang Setara
Dandim Lamongan saat prosesi pelepasan Bintara Abit Dikjurba Otsus. Foto : Istimewa.

Lamongan

Kodim 0812 Lamongan Lepas Bintara Abit Dikjurba Otsus TNI AD Tahun 2021

COVID-19

Tak Terapkan PPKM, Satgas Covid-19 Tuban Minta Masyarakat Patuhi Prokes
Poster Unggahan Seruan AJI kepada perusahaan media untuk tidak menjadikan pandemi sebagai alasan merumahkan wartawan. Foto: Media Sosial AJI.

Nasional

Maraknya PHK Sepihak di Industri Media, AJI Nyatakan Sikap Tegas
K.H. Mohammad Nuh sedang menjelaskan tentang betapa pentingnya keberadaan pers bagi orang yang Berkebutuhan Khusus, Foto: Progresnews/Alfa.

Nasional

Webinar “Mewujudkan Pedoman Berita Ramah Penyandang Disabilitas”, Ketua Dewan Pers: Pers Adalah Memungkinkan yang Tidak Mungkin
Gedung RS Citra Medika yang diduga berdiri tanpa Izin. Foto : Progresnews.id/Ammy.

Lamongan

RS Citra Medika Lamongan Diduga Berdiri Tanpa Izin
Dandim 0812 Lamongan saat memulai sambutan

Lamongan

Tingkatkat Ekonomi, Dandim 0812 Lamongan Gelar Program Bakti Kemandirian Masyarakat
Jalan Nasional di Kecamatan Deket Kabupaten Lamongan pada KM 36-41 saat diperbaiki. Foto: Progresnews.id/ Ammy.

Nasional

Pembangunan Jalan Nasional di Lamongan Ditarget Rampung April