Home / Nasional / Warta

Selasa, 24 Agustus 2021 - 19:13 WIB

Ajak Pelaku Usaha, Program PAPeDA Promosikan Produk Pangan Inovatif Papua

Hadi Prayitno dari The Reform Initiatives memandu Market Gathering yang dihadiri puluhan pelaku bisnis bertajuk Membangun Kolaborasi Pasar UMKM bersama “ASMAT”, Selasa (24/8).

Hadi Prayitno dari The Reform Initiatives memandu Market Gathering yang dihadiri puluhan pelaku bisnis bertajuk Membangun Kolaborasi Pasar UMKM bersama “ASMAT”, Selasa (24/8).

Jakarta, Progresnews.id – Dalam upaya mempromosikan produk-produk inovatif asli dari kelompok masyarakat adat Papua dengan tetap menjaga hutan dan budaya, Program Pertanian Berkelanjutan di Tanah Papua (PAPeDA) menggelar Market Gathering bertajuk Membangun Kolaborasi Pasar UMKM bersama “ASMAT”, Selasa (24/8).

Dipandu oleh Hadi Prayitno dari The Reform Initiative, hadir dalam market gathering tersebut: Direktur PT. Yakin Bersama Jaya dari Aceh Daudy Sukma, Direktur Perkumpulan terbatas untuk Pengkajian dan Pemberdayaan Masyarakat Adat Papua (PtPPMA), Naomi Marasian, Exporter Kakao dan perwakilan Perkumpulan Untuk Peningkatan Usaha Kecil (PUPUK) Makassar, Asdar Marzuki, perwakilan National Cooperative Business Association (NCBA), Wayan Swasta, Deputi Pembangunan Ekonomi Setwapres, Prof Ahmad Erani Yustika dan puluhan perwakilan dari perusahaan dan lembaga nasional lainnya.

Baca Juga:  Tingkatkan Komoditas Kakao, Kepala Kampung Imsar Komitmen Dukung Petani

Acara dimulai dengan Penandatanganan MoU dan Perjanjian kerjasama antara Ketua Badan Usaha Milik Kampung (BUMKam) Monayrain Yano Lrum, Daniel Bairam sebagai pihak pertama dan Direktur CV. Kasih dan Sayang Makassar, Irwan Miri sebagai pihak kedua. Penandatanganan tersebut juga disaksikan oleh Direktur PUPUK Surabaya, Ike Sulistiowati dan Naomi Marasian.

Market Gathering itu dikemas secara dari melalui Zoom Meeting dan disiarkan langsung melalui Youtubeberitbaruco dan Asmat Papua Official dan Facebook Beritabaru.co.

Sebelumnya, Program PAPeDA yang dilaksanakan oleh The Asia Foundation (TAF) bekerjasama dengan Perkumpulan Untuk Peningkatan Usaha Kecil (PUPUK) telah menggelar Festival Torang Pu Para Para yang berupa serial diskusi yang fokus membahas pengelolaan produk inovatif pangan Papua, yaitu: terkait produk-produk Inovatif dari Sereh Wangi, Keladi, Pala dan Kakao.

Baca Juga:  4 Strategi Program PAPeDA dalam Pengembangan Produk Lokal Papua

Mengembalikan Kejayaan Ekonomi Papua

Kakao, sebagai salah satu komoditas unggulan di Jayapura, pernah mengalami kejayaan pada tahun 1949 hingga 1954 melalui koperasi Yawa Datum. Pangsa pasar kakao saat itu, tidak hanya di wilayah lokal dan nasional, tapi juga sampai di tingkat internasional.

“Itu bukan cerita tapi fakta, bahwa hampir masing-masing keluarga memiliki kebun kakao sekitar 1 hektar. Dan itu yang sekarang coba kita kembalikan,” tutur Naomi yang sejak tahun 2018 mendampingi masyarakat adat di Lembah Grime.

Share :

Editor : Admin 2

Baca Juga

Massa FPI terliht mengendarai motor melalui Jalan Tol saat menjemput Habib Rizieq. Foto: Detik.com

Nasional

Massa FPI Kendarai Motor Lewat Jalan Tol Saat Jemput Habib Rizieq, Alasan Masih Dipertanyakan
Sandiaga Salahuddin Uno. Foto: Dok. Sandi Uno.

COVID-19

Sandiaga Salahuddin Uno Positif Covid-19 Tanpa Gejala
Gus Jazilul Fawaid saat mensosialisasikan 4 pilar di Gresik, Foto: Progresnews.id/Mudzakkir.

Nasional

Hari Sumpah Pemuda, Gus Jazil: Jangan Buat Menangis Para Pahlawan

Surabaya

Diskon Ramadan Oleh Pemprov Jatim Bagi Pemilik Kendaraan Bermotor
Menteri Kesehatan Budi Gunadi dalam Webinar Vaksinasi Covid-19 yang bertajuk 'Peran Wanita Dalam Sukseskan Vaksinasi Covid-19 Mendukung Terwujudnya Ketahanan Keluarga' pada Senin (1/2).

Nasional

Sampaikan Dua Langkah Penting, Menkes Minta Bantuan Ibu-Ibu

Nasional

Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid Minta Calon Kapolri Rangkul Pesantren
Anggota DPR RI, Khilmi, saat melakukan kunjungan di SMK Miftahul Ulum Desa Melirang, Bungah Gresik, Sabtu (13/11). Foto: Progresnews.id

Warta

Butuh Orkestrasi Kebijakan, Anggota DPR RI Minta Pemkab Gresik Prioritaskan Tenaga Kerja Lokal
BERSYUKUR. Ketua Komunitas Gresik Movie Sanov Fajar, membagikan tumpeng kepada Dewi Musdalifah (Penyair Gresik) saat perayaan 10 tahun Gresik Movie, Kamis (28/10). Foto: Dokumentasi Gresik Movie/Progresnews.id

Film

Rayakan Ulang Tahun Satu Dekade, Gresik Movie Gelar Tasyakuran