Home / Daerah / Ekonomi / Film / Pariwisata / Sospol / Warta

Rabu, 3 November 2021 - 22:55 WIB

Ajak NU Channel, PW GP Ansor Jatim Siapkan Kadernya Sebagai Pasukan Digital

LATIH DIGITAL. Puluhan kader Ansor utusan PC GP Ansor Kabupaten/Kota di Jawa Timur ikuti Pelatihan Digital Mobile & Eco Creative yang digelar PW GP Ansor Jatim di Graha Ahmad Jufri, Pohjentrek, Pasuruan. Rabu (3/11). Foto: Chidir/Progresnews.id

LATIH DIGITAL. Puluhan kader Ansor utusan PC GP Ansor Kabupaten/Kota di Jawa Timur ikuti Pelatihan Digital Mobile & Eco Creative yang digelar PW GP Ansor Jatim di Graha Ahmad Jufri, Pohjentrek, Pasuruan. Rabu (3/11). Foto: Chidir/Progresnews.id

Pasuruan, Progresnews.id – Puluhan anak muda berjas hijau dan mengenakan songkok hitam, nampak khidmat mendengar arahan satu persatu instruktur yang menyajikan materi kepelatihan. Para pemuda ini tidak lain merupakan kader Ansor yang diutus oleh Pengurus Cabang dari berbagai Kabupaten/Kota di Jawa Timur.

Kader Ansor yang berasal dari sejumlah daerah ini dilatih menjadi penggerak konten digital. Namun, sebelum memulai gerakan di dunia maya, PW GP Ansor Jawa Timur membekali berbagai pengetahuan di antaranya yakni, tehnik fotografi dan produksi film.

Wakil Ketua Pimpinan Wilayah GP Ansor Jawa Timur, Gus Farid Syauqi mengatakan, Pelatihan Mobile Digital Academy & Eco Creative untuk mendorong skill kader dalam era digitalisasi. Utamanya dalam mendorong ekonomi kreatif dan pariwisata di mana kader Ansor berada.

“Kecepatan dan kemudahan teknologi harus disambut oleh sahabat-sahabat semua. Maka PW GP Ansor Jatim bekerjasama dengan NU Channel dalam membuat berbagai konten untuk warga nahdliyin,” kata Gus Farid, di Graha KH Ahmad Jufri Perkantoran PCNU, Pohjentrek, Kabupaten Pasuruan, Rabu (3/11).

Ditambahkannya, jika sebelumnya PW GP Ansor Jatim menyelenggarakan Pelatihan Cyber Digital beberapa waktu yang lalu.

Baca Juga:  Perkuat Akidah dan Bela Negara, MUI Gresik Gelar Pendidikan Kader Ulama

“Kalau Diklat CyberArmy Ansor sudah kita berikan kepada kader beberapa waktu lalu, intinya dalam rangka memonitor dan melacak ancaman perpecahan bangsa. Kalau Mobile Digital dan Eco Creative ini arahnya untuk dukungan terhadap potensi ekonomi kreatif dan pariwisata di daerah,” imbuh mantan Ketua GP Ansor Kabupaten Pasuruan ini.

Sementara itu, Kiai Mas Rahmat Faisol selaku Direktur NU Channel mengatakan, kerjasama antara PW GP Ansor dan NU Channel melalui konten digital ini merupakan langkah tepat. Keduanya sama-sama berkhidmat kepada Nahdlatul Ulama, menjaga kedaulatan NKRI, menyebarkan konten yang faktual, mendidik dan informatif.

Conecting The World menjadi jargon NU Channel, TV Satelit ini menghubungkan semua produk informasi kepada pemirsa, utamanya warga nahdliyin sampai ke pelosok desa dan gratis (tanpa abonemen),” jelas zuriah Kiai Faqih Maskumambang Dukun Gresik ini.

Komitmen Kerja Bareng. Wakil Ketua PW GP Ansor Jawa Timur Gus Farid Syauqi dan Direktur NU Channel Kiai Mas Rahmat Faisol, disaksikan oleh Perwakilan PBNU KH Imam Pituduh, menandatangani kerja sama, Rabu (3/11). Foto: Chidir/Progresnews.id

Hadir dalam kegiatan ini, Wakil Sekretaris Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, KH Imam Pituduh. Saat membuka acara, dirinya mengatakan jika hari ini tantangan global yang ada di depan mata yakni perang kebudayaan. Oleh karena NU Channel hadir untuk mengurusi transformasi digital. Dikatakan, supaya dunia yang wajib atau yang dhahir, dan yang ghaib tersambung.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Lantik Menteri Baru

“Perang ini tidak sedang membunuh fisik orang, tapi menguasai cara berpikir orang, menguasai gaya hidup seseorang, dan juga mengendalikan perilaku kehidupan sehari-sehari seseorang. Dari bangun kita perang Pop Culture War, Perang Kebudayaan Pop. Yang ini hanya akan dimenangkan pemilik konten terbanyak,” ulas Sutradara Film Super Santri Konspirasi Menguasai Negeri, tersebut.

Rencananya, diklat yang dihadiri sekitar 80 orang kader ansor, dengan presentasi kehadiran sebanyak 70 persen dari total 41 perwakilan cabang Ansor di Jawa Timur ini, bakalan berlanjut dengan proses seleksi yang lebih ketat.

Komitmen dan keseriusan mengurusi bidang konten digital ini juga ditandai dengan penandatanganan kerjasama antara PW GP Ansor Jatim yang diwakili Gus Farid, dengan NU Channel dalam hal ini yakni Kiai Mas Rahmat Faisol. Keduanya lalu membubuhkan tanda tangan diri dalam surat kerja sama tersebut. [Chidir]

Share :

Editor : Redaksi Progresnews

Baca Juga

Maulid Nabi. Antusiasme warga Pulau Bawean saat merayakan Kelahiran Nabi Muhammad Tradisi Angkatan Berkat (19/10). Foto: Chidir/Progresnews.id

Pariwisata

Tradisi “Angkatan Berkat” di Pulau Bawean, Didorong Jadi Event Wisata Tradisi
Kunjungi Rs Ibnu Sina Gresik, Menko PMK: Tidak Semua Orang Dapat Vaksin Covid-19

COVID-19

Kunjungi Rs Ibnu Sina Gresik, Menko PMK: Tidak Semua Orang Dapat Vaksin Covid-19

Lamongan

Pimpin Lamongan Tiga Tahun Kedepan, Ini Angan dan Harapan Bupati Yuhronur

COVID-19

Giatkan Ops Yustisi di Gresik, Satgas Perlakukan Pelanggar Secara Humanis
Ratusan Mahasiswa Staida Gresik Ikuti Pelatihan Jurnalistik

Daerah

Ratusan Mahasiswa Staida Gresik Ikuti Pelatihan Jurnalistik
KPU Kabupaten Tuban Buka Pendaftaran KPPS

Daerah

KPU Kabupaten Tuban Buka Pendaftaran KPPS
Siaran langsung press conference menanggapi isu penyiksaan yang dialami almarhum Ustadz Maaher, Rabu (10/2).

Nasional

Isu Penyiksaan Ustaz Maaher, Polri: Almarhum Meninggal Karena Sakit
PWI Tuban Gelar Diskusi Politik Bertajuk “Tuban Menuju Masa Depan?”

Daerah

PWI Tuban Gelar Diskusi Politik Bertajuk “Tuban Menuju Masa Depan?”