Home / Gresik / Jendela / Kuliner

Jumat, 8 Oktober 2021 - 15:58 WIB

6 Warung Kopi Legendaris di Gresik

Mbah Lajiem. Kopi Gresikan untuk menghadirkan citarasa terbaik. Foto : IG karanganmangkak/Progresnews.id

Mbah Lajiem. Kopi Gresikan untuk menghadirkan citarasa terbaik. Foto : IG karanganmangkak/Progresnews.id

JENDELA, Progresnews.id – Kopi seperti makhluk yang tidak bisa dipisahkan dari keseharian masyarakat Kabupaten Gresik. Berjajar sekali pun, warung yang mengolah minuman mengandung kafein di kota ini memiliki pelanggannya masing-masing. Tidak pernah sepi.

Fungsi warung kopi juga kerap digunakan untuk menggantikan ruang tamu. Pertemuan para pihak kerap terjadi di warung kopi. Nah, tradisi nyangkruk ini bahkan tersohor keseluruh wilayah Indonesia seperti Surabaya, Sidoarjo, Malang, dan Yogyakarta. Di luar kota itu, dengan sangat percaya pengelola warung kopi menamai racikan kopinya sebagai Kopi khas Gresikan.

Memang banyak lidah yang mencecap serta mengklaim kopi Gresik memiliki citarasa istimewa. Barangkali sejak pemilihan jenis biji kopi, proses menyangrai, jadi bubuk kopi, hingga proses penyajiannya menjadi wedang kopi dalam secangkir gelas kecil ialah sebuah kesatuan yang estetik.

Tidak hanya itu, budaya ngopi perlahan juga dianggap sebagai simbol dari berlangsungnya kebersamaan, gaya hidup egaliter, transmisi ide-ide kreatif, startup bisnis dimulakan, hingga terapi mental (tempat refreshing) bagi kebanyakan warga Gresik.

Kendati kota Damarkurung ini banyak sekali warung kopi yang tengah bertransformasi dengan wajah dan suasana yang lebih modern, yakni menjadikan tempat ngopi lebih instragamable, namun tidak ada salahnya jika penikmat kopi mencicipi racikan kopi khas yang disajikan oleh warung kopi Legendaris di Gresik.

Berikut ini 6 warung kopi tradisional legendaris di Gresik :

1. Warung Kopi Mak Ju, Sidayu

Warung Mak Ju ini berada di Desa Ngawen, Kecamatan Sidayu Gresik. Persis berada di dekat jembatan menikung, Jalan Nasoinal Daendles Pantura, perbatasan Kecamatan Bungah dan Sidayu, Gresik.

Dari jalan raya, memang warung Mak Ju tidak terlihat. Hal itu lantaran badan jalan lebih tinggi dibandingkan dengan bangunan kedai berdinding anyaman bambu. Yang nampak hanya atap, paling jelas yakni motor yang diparkir rapi berjajar.

Baca Juga:  Banyak Hal Selesai Dengan Ngopi, Pengusaha Muda ini Ingin Punya 99 Kedai Kopi

Belakang warung kopi Mak Ju yang dikelilingi oleh pertambakan serta sebuah pohon tua yang lebat, membuat suasana di warung tersebut sangat sejuk.

Kekhasan warung kopi ini tidak buka 24 jam seperti kebanyakan. Warung Mak Ju hanya dibuka pada pagi sampai sore hari saja.

Warung Kopi Yasak, Bungah Gresik. Foto : Chidir/Progresnews.id

2. Warung Kopi Yasak, Bungah

Warung kopi Yasak ini berada di dekat lingkungan pondok pesantren tua yakni Pondok Pesantren Qomaruddin desa Bungah Kecamatan Bungah, Gresik.

Letaknya berada di Jalan Raya Bungah–Dukun Gresik. Karena letaknya tidak jauh dari lokasi pesantren, maka kedai ini kerapkali menjadi tempat pergumulan para Alumni Santri, para Pendidik, Gus, bahkan Kiai yang sangat suka ngopi. Berdasarkan pengamatan, warung Kopi Yasak ini berdiri tahun 1978.

3. Warung Kopi Mbah Lajiem, Kramat Langon

Warung Kopi Mbah Lajiem ini terletak di dekat Rumah Pemotongan Hewan (RPH) atau orang menyebutnya Pejagalan di daerah Kramatlangon. Lokasinya yang tidak jauh dari Kampung Arab, menjadikan warung ini digandrungi oleh anak-anak muda yang tumbuh di Kampung arab.

Sebelum kini diteruskan oleh putranya, Mbah Lajiem biasanya mendeplok sendiri biji kopi yang sudah disangrai. Hal itu dilakukan saat kedainya sedikit lengang.

KopiKom. Pesan Kopi sekaligus telur ayam kampung setengah matang khas Warung Awi Kroman. Foto : IG karanganmangkak/progresnews.id

4. Warung Kopi Awi, Kroman

Seperti lainnya, warung kopi ini tidaklah besar. Tapi cukup dikenal luas di kalangan anak-anak muda di Kota Gresik.

Di warung Kopi Awi, ada istilah keren yakni ‘KopiKom‘, sebuah kode bagi pelanggan kopi yang juga memesan telur ayam setengah matang yang bakal dicampur dengan wedang kopi.

Baca Juga:  Serba-serbi Muktamar NU ke-34: Dari yang Lucu Sampai yang Trenyuh

Kekhasan lain dari warung ini saat bulan Ramadhan tiba biasanya mengawali Ramadhan ada kolak yang dibagikan secara gratis sebagai Takjil. Tidak hanya saat awal ramadhan, namun usai perayaan libur Hari Raya Idul Fitri, pengelola yang kembali dari mudik akan memulai kembali membuka warung kopi dengan gratis ke pelanggannya.

5. Warung Kopi Cak Rokim, (Belakang) Masjid Jamik


Warung kopi cak Rokim punya kekhasan yakni hanya buka pagi hingga tengah hari. Kebanyakan pelanggan dari warung kopi yang terletak di Kampung Kauman sendiri ialah warga yang turun dari Masjid Jamik Alun-alun Gresik.

Kopi dan saringan, disediakan di Warung Shodi Pongangan. Foto : IG Karanganmangkak/Progresnews.id

6. Warung Kopi Shodi, Pongangan


Penyajian kopi di warung Kopi Cak Shodi juga khas. Menggunakan saringan untuk memisahkan ampas kasar kopi sebelum dinikmati ialah cara penyajiannya. Anak-anak muda di Gresik menamai warung kopi cak shodi dengan nama Kopi Kopyok, ada pula Kopi Saring.

Kedai-kedai di atas sangat konsisten dengan citarasanya. Punya pelanggan setia. Rata-rata menyediakan kopi kasar. Selain itu, bangunan warungnya yang mengesankan tradisional, sempit, bahkan tidak ada jaringan wifi seperti kebanyakan warung hari ini, mencerminkan jika dialog, interaksi antara pengunjung satu dengan lainnya terjadi.

Beberapa warung kopi tersebut juga telah melayani bubuk kopi yang dikemas dalam bungkus mulai 500 gram hingga 1 kilogram. Kemasan ini kemudian tersebar di toko kelontong hingga ke luar kota. Permintaan bubuk kopi dalam kemasan tersebut seolah semakin menandaskan bahwa Citaras Kopi Gresik selalu dirindukan.

Share :

Editor : Achmad Chidir Amirullah

Baca Juga

Salah satu upaya dalam pemberlakuan PPKM adalah gencar lakukan operasi yustisi yang dilakukan oleh TNI-Polri serta Satpol PP.

COVID-19

PPKM Gresik Diperpanjang, Ini Ketentuannya
Pemilik Warung Tepak Roso, Ibu Selsi sedang meracik makanan untuk pelanggannya. Foto: Nadia/Progresnews.id.

Kuliner

Warung Tepak Roso PPS, Jujukan Mantap Saat Sarapan
Hj Aminatun Habibah (Bu Min) saat mengunjungi keluarga keluarga korban, Sabtu (30/1).

Gresik

Kunjungi Keluarga 3 Bocah SMP Tenggelam di Waduk Cerme, Bu Min Janjikan Bangun Rumah

COVID-19

Kemenkes Keluarkan SE Tentang Rapid Test Antigen Sebagai Metode Diagnosis
Foto Ilustrasi: Gambar: Twitter Resmi United Nations @UN

Jendela

Hari Toleransi Internasional 2021 Usung Tema Climate as a Wicked Problem, Apa Itu?
Ilustrasi Ujian Nasional. Sumber: Freepik.

Jendela

UN 2021 Resmi Dihapus, Ini Pengganti Syarat Kelulusan
Gus Yani dan Bu Min.

Daerah

Bupati Gresik Gus Yani dan Wabup Bu Min, Resmikan Klinik Pratama Muslimat NU Bungah

Jendela

LBBM dan Yayasan Gang Sebelah Gelar Apresiasi Sastra