Home / Lamongan / Warta

Senin, 4 Januari 2021 - 05:29 WIB

3 Tanggul Air di Lamongan Jebol, TNI dan Polri Bantu Warga Lakukan Perbaikan Secara Swadaya

Salah satu tanggul yang jebol dan di perbaiki secara swadaya oleh warga di bantu jajaran Korami 0812/01 Kota, Lamongan,

Salah satu tanggul yang jebol dan di perbaiki secara swadaya oleh warga di bantu jajaran Korami 0812/01 Kota, Lamongan,

Lamongan, Progresnews.id — Diterpa hujan terus-terusan, 3 tanggul air di sungai Kali Plalangan, Lamongan, Jawa Timur, Alami kerusakan. Warga di bantu TNI dan Polri lakukan perbaikan secara swadaya.

Keadaan tersebut dibenarkan Kasi Tanggap Darurat BPBD Lamongan, Muslimin. Menurutnya ketiga tanggul air itu berada di Dusun Plalangan, serta Dusun Blunkan yang sama-sama terlihat jebol selebar 5 meter, Sedangkan Desa Made diketahui jebol hingga 10 meter lebarnya.

“Semua tanggul yang rusak berada di aliran sungai Kali Plalangan yang melintas di Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan,” kata Muslimin pada wartawan, Minggu (3/21).

Pemandangan menarik juga terlihat ketika puluhan anggota TNI dan Polri dari Koramil Kota 0812/01 serta Polsek Kota yang bergotong-royong membantu warga memperbaiki tanggul meski dengan alat dan bahan seadanya.

Baca Juga:  TNI Lamongan Gelar Tes Urin Dadakan ke Anggota, Ini Hasilnya
Salah satu tanggul yang jebol dan di perbaiki secara swadaya oleh warga di bantu jajaran Korami 0812/01 Kota, Lamongan,

“Semuanya berharap dengan ditutupnya tanggul yang jebol tersebut tidak lagi terjadi luapan yang mengalir ke pemukiman apalagi ketika turun hujan lebat,” ungkap Danramil 0812/01 Kota Mayor Kav Taruji.

Meski penyebab utama dari jebolnya tanggul merupakan hujan lebat, kata Taruji, yang paling berimbas adalah manusia apalagi sektor perekonomian yang tersendat lantaran bencana yang ada, maka selayaknya warga sekitar menjaga alam mulai dari kebersihan dan tidak membuang sampah di sembarangan.

Baca Juga:  Polri Masih Selidiki 92 Rekening FPI yang Diblokir PPATK

“Kami sebatas memberi bantuan perbaikan tanggul sementara saja. Nanti perbaikan tanggul lebih permanen dilakukan oleh Pemerintah Daerah,” ucap Taruji sembari mengimbau warga.

Reaksi cepat penutupan tanggul yang jebol ini mendapat direspon dari warga sekitar, seperti yang diungkapkan Yasmuin warga Desa Made, ia merasa terbantu dengan kegiatan itu selain itu dirinya menyampaikan terima kasih atas kerja keras semua pihak yang membantu menutup tanggul yang jebol.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu memperbaiki tanggul dan pembersihan sampah di sungai yang menyebabkan banjir,” tuturnya.

Editor : Kholis

Share :

Editor : Adyad Ammy Iffansah

Baca Juga

Ketua Umum BMI, Farkhan Evendi meminta agar pemerintah waspada dan mencermati secara serius setiap pergerakan China atas Laut China Selatan.

Nasional

China Bangun Pangkalan Militer di Laut Natuna, BMI Minta Pemerintah Waspada

Nasional

Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid Jadi Wisudawan Terbaik Program Doktor IPDN 2021

Sepak Bola

Kompetisi Belum Jelas, Mantan Pemain ‘Persatu’ Ini Jadi Pedagang Sayur
Ratusan warga Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan, saat melakukan demonstrasi di halaman Kantor Kecamatan.

Lamongan

Sempat Diwarnai Kericuhan, Ratusan Warga Kecamatan Turi Tuntut Banjir Segera Diatasi

Lamongan

Apresiasi Kerja Wartawan, Kapolres Lamongan Beri Sejumlah Fasilitas Penunjang
Polda Metro Jaya saat melakukan konferensi pers kasus pencabulan anak di bawah umur, Selasa (14/12). Foto: Humas Polda Metro Jaya.

Nasional

Cabuli 10 Murid, Seorang Guru di Depok Dijatuhi Ancaman Pidana 15 Tahun Penjara
Plt. Kepala Bagian Kerja Sama Dalam Negeri dan Hibah (Kabag KDNH) Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Ernawati Eko Hartono saat menyampaikan catatan penutup dalam acara Talk Show bertajuk Kontribusi Dan Kepemimpinan Perempuan Dalam Bisnis Dan Pendanaan Pembangunan Berkelanjutan.

Nasional

Adaptasi Perubahan Iklim dengan Pendekatan Kesetaraan Gender Merupakan Langkah Cerdas
Presiden Joko Widodo memberikan arahan pada acara Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun 2022 di Istana Negara, Jakarta, Senin, 29 November 2021. Foto: BPMI Setpres/Lukas

Warta

Jokowi Tekankan APBN 2022 Harus Wujudkan Aksi Nyata Komitmen Hijau