Home / Jendela

Jumat, 26 November 2021 - 17:28 WIB

3 Jenis Memori Pada Manusia yang Harus Kalian Tahu!

3 Jenis Memori Pada Manusia. Picture by gettyimages

3 Jenis Memori Pada Manusia. Picture by gettyimages

Jendela, Progresnews.id — Ada beberapa jenis memori pada manusia. Kemampuan manusia dalam mengingat, menyimpan atau mempertahankan informasi dan pengalaman merupakan pengertian dari Memori. Tahukah kamu bagian tubuh apa yang bertugas dalam menyimpan memori? Jawabannya adalah Otak.

Otak merupakan salah satu organ yang paling kompleks dalam tubuh manusia. Tersusun dari sejumlah jaringan pendukung dan miliaran sel saraf, otak dilindungi oleh lapisan pembungkus atau yang juga bisa disebut dengan selaput otak dan tulang tengkorak.

Di dalam otak terdapat bagian kecil yaitu Hippocampus atau hipokampus yang memiliki fungsi sebagai pengelolah memori, membantu mangenali objek, dan mengingat serta memahami sesuatu yang didengar. Bagian dalam otak ini, memiliki peran penting dalam mengingat informasi baru.

Pernahkah kalian bertanya-tanya terkait daya ingat manusia? Mengapa terkadang manusia bisa lupa terhadap satu hal namun mengingat hal lainnya? Pada dasarnya terdapat macam-macam daya ingat manusia. Mari kita bahas!

Jenis Memori Pada Manusia: Sensory Memory

Sensory memory merupakan kemampuan mengingat informasi secara singkat, maksudnya adalah jenis memori ini bersifat sementara dan memiliki jangka waktu pendek.

Baca Juga:  Belajar Otodidak, Pasutri ini Turut Lestarikan Batik Gresik

Contohnya adalah ketika hari pertama masuk kerja, umumnya kita akan berkenalan dengan rekan kerja, saat mengenalkan diri tentu hal pertama yang disebutkan adalah nama.

Setelah aktivitas perkenalan usai, kita kesulitan mengingat kembali nama mereka dalam waktu sekejap, karena terdapat banyak wajah yang berbeda pada saat itu dengan nama yang juga beragam.

Jenis Memori Pada Manusia: Short Term Memory

Short term memory disebut dengan ingatan jangka pendek. Jenis memori ini memiliki sifat yang terbatas pada kepasitas dan durasi. Informasi akan hilang dalam jangka waktu sebentar.

Contohnya adalah pada saat mengingat nomor telepon. Ketika kamu membeli nomor telepon baru biasanya hal yang coba kamu lakukan adalah membaca dan mencoba mengingat deretan angka yang terdapat pada kartu.

Biasanya dalam waktu singkat anda akan mengingat nomor penting bagi anda tersebut, namun setelah beberapa saat kita mencoba mengulanginya kembali, yang terjadi adalah lupa lagi, itulah yang disebut sebagai ingatan jangka pendek. Hal yang bisa dilakukan supaya terus mengingat adalah dengan cara beberapa kali pengulangan.

Baca Juga:  Konten Kreator NU Didorong Lebih Gencar Menggali Konten Keislaman dan Pesantren

Jenis Memori Pada Manusia: Long Term Memory

Long term memory disebut dengan ingatan jangka panjang. Memori ini memiliki kemampuan dalam menyimpan informasi maupun peristiwa dalam waktu yang panjang atau bertahan lama dalam ingatan.

Jika kita mampu mengingat sebuah hal atau kejadian yang sudah terjadi dalam waktu lama maka itu bisa diartikan sebagai Long term memory.

Pada intinya ingatan ini bisa terjadi ketika peristiwa atau kejadian yang sudah berlangsung merupakan hal yang tidak terlupakan, contohnya adalah pengalaman yang berkesan. Misalkan pada saat hari pernikahan atau hari kelahiran anak. Hari-hari tersebut tentu merupakan saat-saat yang istimewa.

Oleh karenanya manusia yang sudah pernah ada di situasi tersebut mampu menyimpan kenangan di dalamnya dalam jangka waktu yang lama. [Betty]

Share :

Editor : Redaksi Progresnews

Baca Juga

Bojonegoro

“Lali Dalan” Lagu Baru Bupati Bojonegoro di Tahun 2021

COVID-19

Kemenkes Keluarkan SE Tentang Rapid Test Antigen Sebagai Metode Diagnosis

Jendela

Jelang Pertandingan Barcelona Vs Paris Saint-Germain, Ronald Koeman : Kami Sangat Bersemangat
Sisa-sisa pohon kelapa di sekitar bekas Pasar Legi Kaliwot Bungah. Foto: Ipunk/Progresnews.id.

Gresik

Sejarah Desa Bungah yang Bergelimang Pohon Kelapa
Ilustrasi Kekerasan Seksual by Getty Images.

Jendela

4 Cara Mudah Memahami Permendikbud PPKS
Mbah Mat Kauli Gresik Pelestari Seni Tradisi Macapatan Khas Gresik

Jendela

Siapa Mbah Mat Kauli Gresik? Berikut Fakta-faktanya
Eko Jarwanto, guru sejarah inspiratif penuh prestasi, sedang menunjukkan salah satu buku sejarah karangannya, Ngandjoek. Foto: Progresnews.id.

Jendela

Eko Jarwanto, Guru Sejarah Inspiratif Penuh Prestasi
Picture by Getty Images.

Jendela

Kenali 3 Tipe Gaya Belajar Berikut, Simak dan Identifikasi Tipe Seperti Apa Kamu?