Home / Nasional / Warta

Senin, 1 November 2021 - 14:15 WIB

3 Himbauan RMI PBNU Saat Launching Gerakan Pesantren Asuh

Rabithah Ma’ahid Islamiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (RMI PBNU) meluncurkan Gerakan Pesantren Asuh di puncak rangkaian perayaan Hari Santri Nasional (HSN) 2021, Minggu (31/10). Foto: Dok. TV9.

Rabithah Ma’ahid Islamiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (RMI PBNU) meluncurkan Gerakan Pesantren Asuh di puncak rangkaian perayaan Hari Santri Nasional (HSN) 2021, Minggu (31/10). Foto: Dok. TV9.

Jakarta, Progresnews.id – Rabithah Ma’ahid Islamiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (RMI PBNU) meluncurkan Gerakan Pesantren Asuh yang dikemas dalam Konser Santri untuk Indonesia, Minggu (31/10).

Ketua RMI PBNU Abdul Ghofar Rozin menjelaskan, gerakan tersebut digalakkan untuk membantu para santri yang telah kehilangan orang tuanya karena pandemi agar bisa meneruskan belajarnya di pesantren.

RMI PBNU mencatat, terhitung sampai September 2021 ada sekitar 800 kiai dan bu nyai yang wafat karena pandemi.

“Ini baru Pak Kiai dan Bu Nyai yang punya pesantren. Di luar itu ada banyak wali santri yang juga meninggal karena pandemi,” kata Gus Rozin dalam acara bertema Konser Santri untuk Indonesia ini.

Karena banyak wali santri meninggal, banyak santri terpaksa tidak bisa melanjutkan studinya di pesantren.

Diluncurkannya Gerakan Pesantren Asuh ini tidak lain, Gus Rozin menegaskan, adalah untuk kepentingan tersebut: agar para santri yang ditinggal orang tuanya bisa tetap melanjutkan belajar di Pesantren.

Baca Juga:  Keluhkan Kurangnya Perhatian Pemerintah, Leroy Samy Sarankan Mama-mama Libatkan Pendamping Desa

Menyikapi situasi tersebut, RMI PBNU menyampaikan tiga (3) himbauan penting.

Pertama, segenap pesantren NU di Indonesia diharapkan untuk berkenan mengasuh para santri yang orang tuanya meninggal karea COVID-19.

“Kami memohon agar para kiai berkenan untuk mengasuh mereka. Apabila ada kesulitan, RMI ada dan berdiri untuk mendukung para santri tersebut,” jelas Gus Rozin dalam acara yang dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah dan Dahlan Iskan ini.

Kedua, kepada siapa pun yang memiliki rezeki lebih diharapkan untuk berkenan berbagi agar para santri bisa melanjutkan studinya.

Mendukung studi santri di sini, menurut Gus Rozin, sama dengan meringankan beban Indonesia. 

“Kami menghimbau juga pada siapa pun yang punya kelebihan rezeki, ini adalah jalat tol. Jalan yang ketika kita masuk dan mendukung di situ, kita tidak hanya meringankan beban para santri, tetapi juga meringankan negeri ini,” ungkapnya.

Baca Juga:  DPU Bina Marga Lamongan Beberkan Alasan Perbaiki Jalan Rusak di Pucangro Dengan Pedel

Terakhir, Gus Rozin juga menghimbau kepada para keluarga santri agar tetap meneruskan dan membantu santri yang ditinggal pergi orang tuanya.

Gus Rozin berharap agar mereka berkenan untuk sowan ke pengasuh pesantren, Pak Kiai, dan menceritakan kondisi apa adanya.

“Jika berkenan, langsung menghubungi kami di RMI PBNU juga tidak masalah. Insa Allah dengan niat yang baik kita semua bisa melaksanakan gerakan ini dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.  Acara yang diselenggarakan secara hybrid luring dan daring ini, karena temanya konser, maka hadir di sini Nasida Ria, Gus Miftah, Tompi, Pamungkas, Feby Putri, dan Kill The DJ. (*)

Share :

Editor : Redaksi Progresnews

Baca Juga

Daerah

Peringati Harlah Ke-92, LP Maarif NU Gresik Gelar Doa Bersama dan Potong Tumpeng
Manajer Produksi & Penyutradaraan Gresik Movie, Ananda Shandy, membagikan pengalamanya kepada peserta Workshop Film yang digelar Sanggar Pasir. Foto : Chidir

Film

Peringati G30SPKI, Sanggar Pasir Gelar Workshop Film

Nasional

Resmi Dikukuhkan, BMI Partai Demokrat Jatim Siapkan Program
DA'I MILENIAL. Ketua MUI Gresik, KH Mansoer Shodiq saat menyerahkan hadiah secara simbolik kepada Juara Festival Da'i Jawa Timur, (30/10). Foto: MUI Gresik/Progresnews.id

Warta

Gresik Punya Da’i Milenial, Siapakah dia?
Menko Polhukam bersama Mendagri, Panglima TNI, Kapolri dan Kepala BIN saat sedang mengadakan Konferensi Pers terkait kondisi keamanan pasca demonstrasi (08/10). Gambar: tangkapan layar live instagram di akun Polhikamri.

Nasional

Pasca Demonstrasi, Pemerintah Sampaikan Pernyataan Lewat Menko Polhukam

Nasional

Dewan Pers Canangkan Pelatihan Peningkatan Profesionalisme Wartawan 2021
KoPSI 2020 Kemendikbud digelar secara daring.

Nasional

Pandemi Bukan Halangan, KoPSI 2020 Kemendikbud Digelar Daring
Bu Min saat dialog bersama masyarakat di Pendopo Kecamatan Tambak Jumat malam (19/11). Foto: IG @Bumin.Official

Gresik

OPOP Expo 2021, Bu Min Dorong Pesantren di Gresik Bisa Ekspor