Home / Jendela

Minggu, 7 November 2021 - 12:49 WIB

3 Alasan Penting Mengapa Twitter Menjadi Salah Satu Rekomendasi Terbaik dalam Bersosial Media

Gambar; Akun Resmi Twitter @Twitter

Gambar; Akun Resmi Twitter @Twitter

Jendela, Progresnews.id – Twitter merupakan layanan jejaring sosial yang terkenal dengan sebutan kicauan dan memungkinkan penggunanya berinteraksi dengan berbasis teks. Platform media sosial ini memiliki logo dominan berwarna biru langit dengan lambang burung yang memiliki makna pandangan luas untuk berkumpul dengan burung lainnya dalam hal mencapai tujuan bersama. Lantas apa yang membuat Twitter menarik? Simak pembahasan berikut!

1. Mantra Populer “Twitter, Please do your Magic”

Pengguna aktif Twitter tentu akan selalu ingat bagaimana kalimat ajaib ini bekerja. Biasanya deretan kata ajaib ini digunakan saat ada yang membutuhkan pertolongan atau bantuan. Memakai kalimat kondang ini mampu menarik pengguna Twitter lainnya untuk memberi respon seperti men-share, memberi komentar, me-retweet, dan menyukai, yang berujung adanya gerakan dari warganet untuk berpartisipasi dalam topik yang dibicarakan.

(Gambar dalam Thread “Twitter, Please do your Magic”| Sumber: Twitter @iniakunagatha)

Gambar di atas merupakan salah satu dari sekian banyak contoh tentang bagaimana mantra “Twitter, Please do your Magic” mamiliki pengaruh kuat terhadap sikap pengguna Twitter untuk terlibat dalam situasi sosial yang ada. Berjumlah sementara 11 Ribu retweet dan total sementara 20 Ribu suka di hari kelima ini menunjukkan bahwa kalimat ini memiliki peran penting dalam menumbuhkan aksi positif di kalangan pengguna Twitter.

Baca Juga:  Eko Jarwanto, Guru Sejarah Inspiratif Penuh Prestasi

2. Mampu Menaikkan Isu dengan Cepat

Trending topic di Twitter memang tidak selalu sama, jika ada yang bertahan di deretan atas selama beberapa hari, salah satunya disebabkan oleh banyaknya pengguna yang mencuit mengenai suatu hal yang sama secara terus-menerus. Twitter memiliki penggemar setia, mereka aktif ikut terlibat dalam topik hangat yang sedang diperbincangkan. Ini membuat informasi bisa diakses begitu cepat. Salah satu penyebab lainnya mengapa Twitter mampu menaikkan sebuah persoalan menjadi viral adalah kemudahan bagi seluruh penggunanya untuk ikut berpartisipasi dalam trending topic.

Sebagai contoh, ketika pengguna mengakses akun Twitter mereka, pengguna akan disajikan data yang berjudul “Tren untuk Anda”. Dalam kolom ini tersedia banyak frasa atau hastag yang memudahkan pengguna untuk mengetahui apa saja topik yang sedang populer pada saat itu. Twitter juga menyediakan informasi mengenai angka pasti tentang berapa jumlah tweet yang terkait dengan topik viral tersebut sehingga memudahkan pengguna dalam mengelompokkan isu mana yang memiliki angka ciutan terbanyak.

Hanya dengan satu kali menekan jenis frasa atau hastag yang populer, pengguna bisa diarahkan pada laman yang yang berisi ribuan cuitan yang sudah dikelompokkan, beberapa di antaranya adalah kelompok “Populer” dan “Terbaru”, untuk ikut berpartisipasi, pengguna hanya tinggal menyentuh bagian kanan bawah berbentuk lingkaran bewarna biru dan laman tersebut akan menyajikan sebuah fasilitas untuk membuat cuitan dengan frasa atau hastag yang sudah tersedia pada laman. Hal ini memudahkan pengguna untuk ikut serta terlibat dalam isu populer pada saat itu.

Baca Juga:  UN 2021 Resmi Dihapus, Ini Pengganti Syarat Kelulusan

3. Memiliki Tampilan Sederhana

Twitter merupakan layanan jejaring sosial yang memiliki tampilan sederhana dengan fitur yang juga simpel, hal ini memudahkan pengguna baru bisa beradaptasi dengan mudah dalam menggunakan media sosial ini.
Seperti yang sudah disebutkan di atas, pengguna dimudahkan dengan adanya kolom “Tren untuk Anda” untuk mengakses topik yang sedang dalam perbincangan. Twitter juga memiliki batasan karakter dalam membuat cuitan, hal ini membuat pengguna mengatur kalimat mereka dengan singkat dan padat sehingga mudah dimengerti oleh pengguna lainnya.

Di samping itu, Twitter juga memiliki fitur untuk mengelolah kata sehingga memungkinkan pengguna untuk melakukan penyaringan kata atau frasa hanya dengan memasukkan kata atau frasa dalam kolom yang tersedia kemudian memilih durasi berapa lama kata atau frasa tersebut dibisukan. Fasilitas ini membuat pengguna bisa menggunakan Twitter dengan rasa nyaman. [Betty]

Share :

Editor : Redaksi Progresnews

Baca Juga

Forum webinar dengan pembahasan Seni Thak-Thakan dari Desa Kenanti yang diikuti oleh Dosen Prodi Pendidikan Seni Tari dan Musik Universitas Negeri Malang, Dr. Robby Hidajat, M.Sn.

Hiburan

Seni Thak-Thakan dari Tambakboyo yang Menyita Perhatian Budayawan Malang

Jendela

Jelang Pertandingan Barcelona Vs Paris Saint-Germain, Ronald Koeman : Kami Sangat Bersemangat
MENYESAL. Ayu menyesali dirinya sebab menganggap tradisi itu lapuk, dan tidak gaul. Foto: Tangkapan layar IG MTs Maarif Sidomukti/Progresnews.id

Film

Film Pendek “Ngidul”, Tegur Remaja Gresik Peduli Tradisi
Sisa-sisa pohon kelapa di sekitar bekas Pasar Legi Kaliwot Bungah. Foto: Ipunk/Progresnews.id.

Gresik

Sejarah Desa Bungah yang Bergelimang Pohon Kelapa
Ilustrasi Ujian Nasional. Sumber: Freepik.

Jendela

UN 2021 Resmi Dihapus, Ini Pengganti Syarat Kelulusan
Ilustrasi Hari Pahlawan 2021.

Jendela

Selamat Hari Pahlawan 10 November! Berikut 3 Warisan Sikap Pejuang Bangsa
Mbah Mat Kauli Gresik Pelestari Seni Tradisi Macapatan Khas Gresik

Jendela

Siapa Mbah Mat Kauli Gresik? Berikut Fakta-faktanya
Mustakim saat ditemui di Cafe Cliff, Suci, Kecamatan Manyar, Gresik, Selasa (5/10). Foto: Ipung/Progresnews.id.

Jendela

Mustakim, Ninja Monjali yang Tak Pernah Lelah Mengabdi