Home / Jendela

Jumat, 26 November 2021 - 15:16 WIB

27 November Sebagai Hari Tanpa Belanja, Apa Itu?

Picture by gettyimages

Picture by gettyimages

Jendela, Progresnews.id — Hari tanpa belanja diperingati setiap tanggal 27 November. Apakah itu? Manusia yang berpartisipasi dalam perayaan ini tidak melakukan transaksi jual-beli selama 24 jam.

Sebutan ini digunakan sebagai sikap perlawanan terhadap budaya konsumerisme. Konsumerisme merupakan sebuah aktivitas yang dilakukan seseorang dalam pemakaian barang-barang hasil produksi secara berlebihan dan berkelanjutan.

Hal yang mendasari mereka melakukan pembelian barang-barang tersebut adalah keinginan serta tidak mempertimbangkan kebutuhan. Terdapat dua makna penting dengan diperingatinya Hari Tanpa Belanja. Apa Saja? Yuk simak!

Meningkatkan Kesadaran

Hari Tanpa Belanja dapat dijadikan sebagai alarm untuk terus melakukan evaluasi terhadap diri sendiri dan juga dapat membantu meningkatkan kesadaran pada publik untuk lebih selektif terhadap apa yang kita beli.

Baca Juga:  Rayakan Ulang Tahun Satu Dekade, Gresik Movie Gelar Tasyakuran

Seperti yang kita tahu, pada saat ini kita berada dalam lingkaran kemajuan teknologi. Kegiatan belanja pada era ini sangat fleksibel dan mudah dilakukan.

Tidak perlu mengunjungi tempat perbelanjaan seperti pasar atau mall, hanya tinggal mengunduh berbagai aplikasi yang tersedia atau yang biasa disebut online shop atau e-commerce, manusia sudah bisa belanja kapan saja dan di mana saja.

Apalagi banyak situs elektronik komersial tersebut yang menyediakan potongan harga menarik pada saat-saat tertentu. Situasi seperti ini sulit dihindari. Akibatnya, sukar untuk menahan diri dalam berbelanja sehingga yang terjadi adalah menganggap keinginan dan kebutuhan berada pada level yang sama.

Menjaga Lingkungan

Ketika kamu memutuskan sebagai seorang yang mendukung Hari Tanpa Belanja, artinya kamu turut serta berperan dalam membantu menjaga lingkungan sehingga limbah yang dihasilkan berkurang.

Baca Juga:  Latih Diri Dengan Berbagi, Bagaimana Sih Caranya?

Jika mayoritas manusia di dunia ini melakukan hal yang sama, maka bukan tidak mungkin kerusakan lingkungan akan berkurang. Pada saat berbelanja seperti di online shop, plastik adalah salah satu bahan yang memiliki peran penting dalam kesuksesan jual-beli online karena berfungsi sebagai pengaman barang yang akan dibeli.

Oleh karenanya konsumsi plastik meningkat seiring dengan banyaknya masyarakat yang berbelanja online. Seperti yang kita tahu sampah plastik merupakan limbah yang sulit terurai sehingga menjadi permasalahan dalam pencemaran lingkungan.

Nah, bagaimana? Apakah sudah tersampaikan makna penting dalam Hari Tanpa Belanja? Selamat menjalankannya! [Betty]

Share :

Editor : Redaksi Progresnews

Baca Juga

Jendela

Jelang Pertandingan Barcelona Vs Paris Saint-Germain, Ronald Koeman : Kami Sangat Bersemangat
8 Program Kegiatan Pembelajaran Kampus Merdeka.

Jendela

8 Program Kampus Mengajar Kemendikbud
Foto: GTK Dikdas .

Jendela

Sepak Terjang Kurikulum Pendidikan Indonesia
Picture by Getty Images.

Jendela

Kenali 3 Tipe Gaya Belajar Berikut, Simak dan Identifikasi Tipe Seperti Apa Kamu?

Bojonegoro

“Lali Dalan” Lagu Baru Bupati Bojonegoro di Tahun 2021
Asyik. Anak-anak UPT SDN 13 Tlogopatut saat Jam Kunjung Perpustakaan. Foto: Dokumentasi/Progresnews.id

Jendela

Kisah Bu Fina, Guru Sekolah Inklusi Ajarkan Semangat Literasi
Gambar: Twitter @SepongeBob.

Jendela

Menilik Karakter SepongeBob dan Squidward dalam Dunia Kerja
Ilustrasi chip pada otak manusia. Foto: teslarati.com.

Jendela

Startup Besutan Elon Musk Bakal Tanam Chip di Otak Manusia